Bawa "Bom", Tiga Warga Korea Ditangkap

barang bukti
Sumber :

VIVAnews - Tiga warga Korea ditangkap saat melewati sistem keamanan bandara atau Aviation Security (Avsec) Bandara Soekarno Hatta, karena membawa alat peledak berkuatan tinggi, Senin, 8 Agustus 2011.

Barang-barang yang dikemas dalam sebuah tas khusus itu terdiri dari sejumlah detonator, 10 jenis kabel pemicu dengan beragam ukuran dan warna, serta tujuh macam peledak bertanda high explosive.

Direktur Operasi dan Teknik PT Angkasa Pura II Salahudin Rafi mengungkapkan, ketiga pelaku yang terdiri dari dua pria dan seorang wanita itu berniat membawa barang bawaan mereka ke Balikpapan, Kalimantan Timur, menggunakan pesawat Lion Air JT-760. Pesawat itu dijadwalkan terbang pukul 06.15 WIB.

Ketiga pelaku adalah Leeoeun Kyung, Khan Jae Soon serta Won Jeong Yeon. Mereka bertolak dari Bandara Incheon Korea dan tiba di Soekarno-Hatta pada Minggu malam, 7 Agustus 2011, dengan menggunakan Korean Airlines KAL-627.

Menurut Rafi, ketiganya tertangkap tangan oleh bernama Bariyadi, saat itu petugas pemindai barang bawaan pada pos pemeriksaan pertama (SCP 1) di Terminal Keberangkatan 1B, pada pukul 05.30 WIB.

Saat melewati monitor pemantau mesin x-ray, Bariyadi curiga dan meminta pelaku untuk membongkar isi tas mereka, kemudian membawanya ke posko keamanan.

Dari pemeriksaan awal, para pelaku mengakui barang itu bukanlah peledak sungguhan, melainkan alat peraga yang akan dipakai untuk presentasi di sebuah perusahaan tambang di Balikpapan bernama PAMA.

Mereka mengaku datang atas undangan, tetapi ketika diperiksa petugas, mereka tidak bisa menunjukkan dokumen yang memperkuat penjelasan mereka.

Rafi menegaskan, dirinya memberikan apresiasi tinggi kepada Petugas Avsec yang telah menahan ketiga pelaku berikut barang-barang mencurigakan buatan perusahaan Korea, Global Hanwha Explosives Dream itu. "Benar atau tidak kalau barang itu untuk peraga, tapi kami sudah menjalankan tugas. Menjaga keselamatan dan keamanan bandara. Kami tidak mau kecolongan," katanya.
 
Dia menambahkan, peristiwa penangkapan para pelaku dan barang bukti itu tidak membuat heboh dan menghambat operasional penerbangan di Terminal 1 B. Saat ini ketiganya telah diserahkan ke Polres Bandara untuk diproses lebih lanjut. Laporan: Muhammad Iyus | Tangerang (adi)

Surya Paloh Pikir-pikir Usung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024
Nathan Tjoe-A-On

Kata Shin Tae-yong Usai Heerenveen Izinkan Nathan Tjoe-A-On Kembali ke Timnas Indonesia U-23

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong buka suara terkait Nathan Tjoe-A-On yang bisa kembali memperkuat Timnas Indonesia U-23 di perempat final Piala Asia U-23 2024

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024