Aturan Perjalanan Bagi Pemudik Sepeda Motor

Ratusan orang mudik dengan motor
Sumber :
  • ANTARA/Vega

VIVAnews - Kepolisian Daerah Metro Jaya mengimbau kepada warga Jakarta yang ingin mudik menggunakan sepeda motor, diharapkan tidak berboncengan lebih dari satu orang. Selain rentan mengakibatkan kecelakaan, membawa penumpang lebih dari dua orang dalam satu motor membuat perjalanan tidak nyaman.

"Pemudik juga tidak membawa barang bawaan yang tidak belebihan," ujar Direktur Lalulintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Royke Lumowa, di Jakarta, Senin 8 Agustus 2011.

Royke menyarankan, untuk keluarga yang memiliki anak lebih dari satu sebaiknya menggunakan jasa angkutan umum. Petugas, kata Royke, akan memindak tegas jika ada pemudik yang masih juga nekat membawa penumpang lebih dari dua orang dalam satu motor.

Selain itu Royke juga berharap kepada pihak PT Kereta Api Indonesia untuk tetap mengadakan gerbong sepeda motor.

"Kami akan menindak untuk faktor keselamatan, berupa tilang dan tidak boleh jalan. Selain motor, kendaraan seperti mobil bak terbuka juga akan kami imbau untuk tidak menggunakannya," kata Royke.

Selama puasa hingga Lebaran, ada 4.700 personel yang melakukan pengamanan dan memberikan pelayan kepada masyarakat.

Demi memberikan pelayanan dan melakukan penertiban, seluruh petugas Polantas tidak diberikan cuti Lebaran. Pengamanan bagi masyarakat lebih penting. Ada jadwal khusus yang diatur bagi anggota kepolisian merayakan Lebaran. (eh)

Cara Hapus Jejak Digital, Cocok buat yang Suka Buka Situs Berbahaya
Pakar Hukum Internasional, Hikmahanto Juwana

Menlu Retno Disarankan Segera Kontak Iran Agar Tidak Serang Balik Israel

Guru Besar Hukum Internasional (UI) Hikmahanto Juwana menyarankan agar Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi segera menghubungi Menlu Iran.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024