Pemudik Motor Mencapai 8,3 Juta Orang

Ratusan orang mudik dengan motor
Sumber :
  • ANTARA/Vega

VIVAnews - Jumlah pemudik kendaraan roda dua dipastikan meningkat dari tahun sebelumnya. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memperkirakan bahwa sedikitnya 8 juta orang akan menumpang motor untuk pulang ke kampung halaman.

Kepala Bagian Pembinaan dan Operasional Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Latif Usman menjelaskan bahwa jumlah pemudik motor diperkirakan naik sekitara 14 persen. Angka itu lebih tinggi dibanding musim mudik pada dua tahun terakhir.

"Naik 14 persen atau sekitar 8.320.632 orang," kata Latif Usman, kepada wartawan Selasa malam, 9 Agustus 2011.

Meski tidak terlalu signifikan, kenaikan jumlah pemudik juga terjadi pada pengguna kendaraan pribadi roda empat. Tahun ini jumlahnya sekitar 9.914.520 naik dari jumlah pemudik tahun 2010, sekitar 9.404.324.

Usman menambahkan bahwa pada lebaran tahun lalu, di wilayah hukum Polda Metro Jaya telah terjadi 213 kecelakaan. Sebanyak 45 orang meningal dunia, 76 luka berat, dan 161 luka ringan.

Pemudik yang memaksakan daya angkut masih menjadi penyebab utama terjadinya kecelakaan pada jenis kendaraan roda dua.

Karena itu, polisi meminta kepada masyarakat untuk mempersiapkan diri ketika ingin pulang kampung, terlebih jika menggunakan kendaraan roda dua. Masyarakat juga diharapkan untuk mengikuti program mudik bareng, atau menggunakan angkutan umum agar lebih nyaman dan aman.

Keren! Mbah Wahyuni, Pendaki Berusia 71 Tahun yang Sudah Taklukkan Banyak Gunung di Indonesia
Kris Dayanti

Bulu Mata, Salah Satu Kunci Penampilan Kris Dayanti

Meskipun telah menikah selama beberapa tahun, Kris Dayanti menegaskan pentingnya menjaga penampilan dan kebersihan diri di hadapan suami.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024