Foke: Stok Bahan Makanan DKI Aman

Fauzi Bowo saat membuka Fresh Market
Sumber :
  • situs resmi Pemprov DKI

VIVAnews - Pemerintah DKI Jakarta terus melakukan pemantuan pergerakan harga kebutuhan bahan pokok di sejumlah pasar tradisional. Hal ini dilakukan agar dapat segera diambil langkah stabilitas bila terjadi kenaikan harga yang tidak wajar.

Terkait hal ini, Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, menginstruksikan kepada seluruh jajarannya untuk intensif melakukan pemantauan pergerakan harga. Karenanya stabilitas harga perlu dijaga ketat.

"Harus concern soal harga bahan pokok, karena terkait erat dengan pergerakan inflasi. Warga Jakarta sangat rentan terhadap peningkatan laju inflasi, terutama dari kalangan menengah bawah," ujar Fauzi Bowo, saat melakukan kunjungan ke Pasar Kramatjati, Jakarta Timur, Kamis, 11 Agustus 2011.

Selain memantau pergerakan harga, kunjungan Fauzi Bowo juga ingin memantau langsung kelancaran distribusi dan keamanan stok bahan pokok, terutama beras, minyak goreng, gula pasir, daging, telor dan sayur mayur.

Setelah 9 Tahun, Jemaah Haji Iran Akhirnya Diperbolehkan Datang ke Mekah

"Permintaan terhadap komoditas itu naik tajam, karena keamanan pasokannya perlu mendapat perhatian khusus. Agar tidak ada yang memanfaatkan situasi ini," kata Fauzi Bowo.
 
Sejauh ini, menurut Gubernur, pasokan dan stok bahan pokok di DKI masih aman, rata-rata cukup untuk memenuhi kebutuhan satu minggu bahkan ada yang lebih. Meski terjadi kenaikan harga di sejumlah pasar, kenaikannya masih wajar dan dapat diterima konsumen. (adi)

"Kenaikan ada, tapi dibandingkan tahun lalu kondisi saat ini relatif jauh lebih baik dan secara umum harga stabil," katanya.

Dari hasil pantauan, kenaikan harga sebagian besar terjadi di tingkat eceran, sementara di tingkat grosir dan pabrikan jauh lebih stabil. Operasi pasar dan pasar murah dilakukan agar masyarakat kalangan bawah tidak terganggu dengan kenaikan harga  menjelang lebaran.

Film Keluar Main 1994

Tayang Perdana Hari Ini 28 Maret 2024, Film "Keluar Main 1994" Siap Hibur Penonton

Sebuah film yang ditunggu-tunggu, "Keluar Main 1994", tayang perdana di bioskop-bioskop seluruh Indonesia pada hari ini, 28 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024