TPST Bantargebang DIjadikan TPA Regional

TPA Bantar Gebang
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang Kota Bekasi Jawa Barat, akan dijadikan tempat pembuangan sampah Regional. Nantinya, tempat ini akan menampung sampah, selain berasal dari DKI Jakarta dan Kota Bekasi, juga berasal dari daerah lain seperti Bogor, Depok dan Tangerang.

Sejauh ini untuk mewujudkan rencana tersebut, pengelola TPST Bantar Gebang, PT Godang Tua Jaya, sudah menyiapkan lahan seluas 30 hektar untuk menampung sampah dari wilayah lain.

“Lahan di Bantar Gebang ada 150 hektar, yang sudah terpakai ada 130 hektar, kami masih punya cadangan 30 hektar untuk terwujudnya TPST menjadi penampung sampah Regional,” ujar Rekson Sitorus, Direktur Utama PT Godang Tua Jaya, di Bekasi Kamis 11 Agustus 2011. Sampah yang dibuang ke TPST Bantar Gebang dari wilayah DKI Jakarta dalam satu hari mencapai 5.500 ton.

PT Godang Tua Jaya lanjut Rekson, tinggal menunggu kesiapan Pemerintah Daerah, yang ingin menjalin kerja sama untuk pembuangan sampah ke Bantar Gebang.

“Kami lihat ada beberapa daerah di sekitar Jabodetabek yang tidak punya
tempat pembuangan sampah akhir, seperti Tangerang Selatan misalnya. Nah itu jadi peluang, tinggal kami buat kerja sama dengan DKI, Bekasi dan Godang Tua Jaya. Karena kan harus ada retribusi yang wajib dibayar,” ucapnya.

Sementara untuk mengantisipasi overloadnya sampah yang dibuang ke TPST
Bantar Gebang apabila rencana itu terwujud, pihak pengelola mengaku sampah yang dibuang saat ini sudah dilakukan proses reduksi.

“Sampah disini kan sekarang sudah tidak lagi di timbun, tapi direduksi terlebih dahulu. Kita ada lahan 11 hektar untuk melakukan proses itu. Sampah organik dijadikan pupuk, plastik dijadikan biji plastik. Tempat itu dioperasikan oleh Godang Tua dan PT Navigate Organic Energy,” tambahnya.

PT Godang Tua Jaya sendiri tidak mempunyai target kapan TPST Bantar Gebang akan mulai dioperasikan untuk Regional, meski Undang-Undang Persampahan sudah mendukung ke arah itu.

Pecahkan Rekor Tertinggi, Harga Emas Hari Ini Tembus Rp 1.249.000 Per Gram

“Semuanya tergantung sama Pemerintah Daerah masing-masing, kami sih menunggu saja,” jelasnya. (eh)

Laporan : Erik Hamzah | Bekasi

Ilustrasi: Polisi di lokasi kecelakaan.

Sopir Sedan di Tangsel Jadi Tersangka Usai Tabrak Pemotor dan PKL

Dalam peristiwa kecelakaan pengemudi mobil sedan yang menabrak pemotor dan PKL terdapat satu orang meninggal dunia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024