METRO

Mudik Aman Pakai Sepeda Motor, Ini Tipsnya

Sepeda motor adalah moda transportasi yang didesain bukan untuk jarak jauh.
Selasa, 23 Agustus 2011
Oleh : Desy Afrianti, Siti Ruqoyah
Mudik dengan sepeda motor

VIVAnews - Bagi anda yang ingin mudik menggunakan sepeda motor diimbau untuk selalu berhati-hati. Hal yang dapat menyusahkan sebaiknya tidak perlu dilakukan. Karena, perjalanan mudik menggunakan motor rawan akan kecelakaan.

Direktur Lalulintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Royke Lumowa menyampaikan beberapa tips dan trik bagi pemudik sepeda motor, di antaranya pengemudi harus mengecek dan ikuti standard safety untuk jarak jauh, pasalnya sepeda motor adalah moda transportasi yang didesain bukan untuk jarak jauh.

"Kemudikan saat berkendara, sebaik penumpang maupun pengendara harus menggunakan helm, sepatu, jaket, dan sarung tangan. Membawa barang secukupnya sehingga tidak melebihi kapasitas dan jangan membawa koper," Ujar Royke, di Jakarta, Selasa 23 Agustus 2011.

Royke kembali mengingatkan kepada pemudik sepeda motor untuk tidak membawa anak kecil, sebab satu unit motor hanya bisa ditumpangi dua orang. Apabila tertangkap lebih dari itu, maka kepolisian akan menindaknya di titik check point.

Sementara itu, melihat kondisi cuaca yang tidak dapat dipastikan, Royke menyarankan untuk selalu membawa jas hujan. Dan ketika hujan turun, pengendara motor disarankan untuk membawa motor secara pelan atau lebih baik berteduh.

"Cek mesin dan sistem rem. Lampu-lampu juga perlu dicek ke bengkel. Motor itu harus masuk bengkel dulu sebelum berangkat agar mesin dan lainnya prima. Terakhir, bagi calon pemudik untuk selalu dalam keadaan yang fit saat berkendaraan, dan istirahat cukup setiap 8 jam. Jangan tunggu capek. Kalau mau aman, harus sengaja diistirahatkan. Jangan dipaksakan,"  terangnya.

Seperti diketahui, jumlah pemudik sepeda motor tahun ini diperkirakan mencapai 8 juta orang atau meningkat 14 persen dari tahun sebelumnya. Pada arus mudik tahun 2010, jumlah sepeda motor mencapai 3,6 juta unit dengan jumlah penumpang mencapai 7,2 juta orang. Untuk mudik tahun ini, jumlah sepeda motor diperkirakan mencapai 4,1 juta unit dengan jumlah penumpang mencapai 8,3 juta orang.

Royke berharap tips tersebut setidaknya bisa menekan angka kecelakaan yang selalu tinggi tiap tahunnya. Berdasarkan data, pada 2009, ada 68 orang pemudik motor meninggal dunia di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Sedangkan tahun 2010, 62 pemudik motor nyawanya meregang di jalan selama arus mudik.

"Kami imbau masyarakat yang pakai sepeda motor untuk selalu mengutamakan keselamatan," imbuh Royke. (eh)

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found