METRO

Geger Video Penampakan Malaikat di Citos

Video ini diketahui hoax alias bohong. Namun sempat ramai dibicarakan di Twitter.
Rabu, 14 September 2011
Oleh : Maryadie
Screen shoot penampakan malaikat di Citos

VIVAnews - Isu tentang sosok penampakan malaikat di pusat belanja Cilandak Town Square (Citos) Jakarta Selatan dipastikan hoax alias bohong. Video ini sebelumnya diunggah di Youtube dan kemudian ramai dibicarakan di Twitter.

Kepastian video itu bohong berdasarkan hasil analisa pakar telematika Abimanyu Wachjoewidajat. "Saya sangat yakini bahwa video tersebut adalah hoax," kata pria yang akrab disapa Abah.

Dalam video itu tampak benda asing yang memiliki sayap dan sangat terang yang mendarat beberapa detik pada pelataran Citos pada malam hari. Video itu diunggah akhir pekan lalu dan sudah dilihat lebih dari 38 ribu orang.

"Memang sepintas terlihat kejadiannya sangat nyata apalagi konon terekam pada CCTV Citos," imbuh Abah.

Kata dia, sekilas tayangan ini bisa dikatakan sangat nyata apalagi adanya sekelompok orang yang seolah melihat benda tersebut lalu berlarian menuju lokasi.

Namun setelah dilakukan penelitian hasilnya dipastikan rekaman itu bukan CCTV. Alasannya:

a. Kamera yang digunakan adalah kamera biasa yang kemudian dibuat hitam putih yang dipasang pada tripod sehingga terkesan steady.

b. Jam yang tampil adalah time counter karena hanya terlihat menit, detik dan millisecond sedangkan secara normal kamera CCTV bukan menampilkan time counter melainkan time log yang berarti harusnya tertera jam, menit, detik, dan millisecond.

c. Begitupun suatu jaringan CCTV dengan multi node biasanya akan terlihat nomor ID CCTV itu tapi di sini tidak terlihat node ID.

d. Dari sudut pengambilan gambar baik horizontal maupun vertikal diyakini kameraman melakukannya dari koridor lantai dua Citos yang ke arah toilet.

Sementara itu, staf Event Exhibition Citos, Fitri menyatakan, video penampakan malaikat itu adalah bagian dari sebuah event. "Video itu adalah teasernya. Dari kemarin juga sudah banyak yang tanya juga kok," kata dia.

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found