METRO

Wanita Rok Mini Demo Foke

Salah satu poster yang dibentangkan antara lain bertuliskan, "Jangan Salahkan Baju Kami."

ddd
Minggu, 18 September 2011, 16:20 Ismoko Widjaya
Nia Dinata
Nia Dinata (VIVAnews/Tri Saputro)

VIVAnews - Sekitar 50 wanita yang sebagian besar memakai rok menggelar aksi di Bundaran HI, Jakarta. Mereka mengecam pernyataan pejabat publik yang justru menyalahkan cara berpakaian wanita, karena maraknya aksi perkosaan.

Pantauan VIVAnews.com, hanya sekitar 10 wanita yang menggunakan rok mini dalam aksi ini. Sisanya hanya mengenakan rok biasa dan celana panjang.

Mereka hanya berorasi membentangkan spanduk serta  poster-poster yang mengecam pernyataan Gubernur DKI Fauzi Bowo di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu 18 September 2011.

Mereka mengkritik pernyataan Fauzi Bowo yang dinilai justru menyudutkan wanita. Massa menuntut penegak hukum membekuk para pelaku pemerkosaan yang belakangan ini marak terjadi di angkutan perkotaan.

Salah satu spanduk dan poster yang dibentangkan antara lain bertuliskan, "Jangan Salahkan Baju Kami", "Hukum si Pemerkosa", "Perkosaan = Kejahatan". Massa yang berdemo menamakan dirinya Kelompok Perempuan Menolak Perkosaan.

Salah seorang demonstran yang tampak adalah produser film, Nia Dinata. Bagi Nia Dinata, pejabat publik yang justru menyalahkan cara berpakaian wanita bukan bentuk pembelaan kepada korban perkosaan.

"Namanya korban pemerkosa itu warga negara Indonesia, itu juga harus dibela," kata Nia Dinata. Nia menilai, pernyataan pejabat publik soal rok mini itu justru memperlihatkan ada perlindungan warga negara yang pilih kasih.

"Jadi, seolah-olah wanita yang punya kriteria tertentu saja yang patut dibela," sesal Nia. "Namanya korban pemerkosaan harus kita bela dan si pemerkosanya dihukum sampai tuntas."

Menurut Nia, perempuan Indonesia harus dibebaskan memakai apa saja yang dia mau. "Mereka harus berpakaian sesuai karakter pribadinya," kata dia.

Apa pernyataan Gubernur yang akrab disapa Foke yang kembali kontroversi itu? "Bayangkan saja kalau orang naik mikrolet, orang yang duduk di depannya pakai rok mini. Agak gerah juga, kan? Kalau orang naik motor pakai celana pendek, ketat lagi, bayangin aja. Itu yang ikut di belakangnya, bisa goyang-goyang," kata Foke, Jumat kemarin, 16 September 2011 di Balai Kota.

Terkait pernyataannya itu, Fauzi Bowo meminta maaf. "Saya minta maaf, bahwa pernyataan saya sebelumnya rawan salah tafsir. Saya sama sekali tidak bermaksud melecehkan kaum perempuan. Saya justru mengutuk aksi pemerkosaan tersebut. Pelaku harus dihukum seberat-beratnya," demikian dinyatakan Fauzi dalam rilis yang diterima VIVAnews.com, Sabtu, 17 September 2011.

(Laporan Ihwan Yanuar)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
Jujur saya sebgai Wanita MALU krna orang itu mengkatakan kalu "Jangan Salahkan Baju Kami"nah, itu tu,, kalau Wanita pakek Rok mini, pa kata dunia? ini sama halx juga dgn Melecehkan Harga Diri Para Wanita...!!
Balas   • Laporkan
Sya sbagai wanita juga jujur saya malu kalau di berita ini mexbutkan kalu"Jangan salahkan baju kami" karena itu sama halnya dengan menjelek-jelekkan kodrat wanita dalam hkum islam..
Balas   • Laporkan
8908
22/09/2011
Banyak ayat - ayat qur'an dan hadits mengatakan bahwa perempuan yg tidak bisa menutup auratnya pasti masuk neraka.
Balas   • Laporkan
agus
20/09/2011
eh..empo.2, dari dulu sipemerkosa udah ditulis dalam undang undang bahwa kelakuannya akan dihukum. Penangkapan penjahat dan pengurangan tindak kejahatan itu wewenang siapa..? Rok mini..emang bikin deg-deg + dan itu aurat yg hrs ditutup, wah.. si empo ini.
Balas   • Laporkan
tanpabeban
19/09/2011
apa kalo wanita pake rok mini jadi "halal" dilecehkan? naif sekali kalo yang disalahkan pakaian. ahlak dan moral yg perlu ditingkatkan. Walau wanitanya telanjang (bukan muhrim), kalo ahlak dan moral kuat ga akan "goyang" om foke!!!
Balas   • Laporkan
8908 | 22/09/2011 | Laporkan
Banyak ayat - ayat qur'an dan hadits mengatakan bahwa perempuan yg tidak bisa menutup auratnya pasti masuk neraka.
thomz | 19/09/2011 | Laporkan
@ keith : loe ngomong apa sih kagak paham ane.. loe klo ngomong terlalu berandai-andai dan berfantasi..
keith | 19/09/2011 | Laporkan
mas/mbae.. kalo semua perempuan telanjang pasti nggak ada perkosaan iya nggak.. bener nggak mas.. terus kalo ada lelaki yang super alim lalu tinggal dilingkungan perempuan telanjang mungkin nggak lelaki tersebut tidak akan memperkosa...
wirkoko
19/09/2011
fok itu gubernur yg tdk benar dan tidak punya otak, jgn salahkan org berpakai lihat di arab sana PRT dari indonesia itu berpakai mini atau tidak, mereka diperkosa dan disiksa itu bukan urusan pakaian
Balas   • Laporkan
8908 | 22/09/2011 | Laporkan
Banyak ayat - ayat qur'an dan hadits mengatakan bahwa perempuan yg tidak bisa menutup auratnya pasti masuk neraka.
keith | 19/09/2011 | Laporkan
mas coba suruh semua PRT dari Indonesia pake rok mini atau telanjang.. saya rasa nggak ada orang arab yang memperkosa atau tambah banyak PRT yang diperkosa.. mana yang bener mas
cahkroya
19/09/2011
tp umumnya korban pmrkosaan biasanya dg pakaian yg mnarik sahwat. betul pakaian g bs dislahkan tp slahnya yg makai dg mngambil resiko. mdah2an yg hobi pkaian rok mini skali2 jd korban pmrkosaan shgga ru tau rasa hehehe...
Balas   • Laporkan
8908 | 22/09/2011 | Laporkan
Banyak ayat - ayat qur'an dan hadits mengatakan bahwa perempuan yg tidak bisa menutup auratnya pasti masuk neraka.
keith | 19/09/2011 | Laporkan
mas cahkroya susah mas kalo ngadepin Homo kaya ratsus.. mas ratsus mah jangankan ada perempuan pake rok mini, ada perempuan telanjang aja dia nggak akan nafsu..
ratsus | 19/09/2011 | Laporkan
ini salah satu contoh yg berpikir ngeres bgt lihat yg mini2 seperti gubernur kita ,,,,,,,,,,,, ngaca dulu dong,,,,,apa diri sendiri sudah benar,,,,,
iratriwahyuni
19/09/2011
Tujuannya bagus, tp cara penyampain&pemilihan kalimatnya yg salah. Ini membuktikan kl wakil rakyat=tdk berpendidikan.Isu ini bs menjd SARA.Apkh semua yakin dg berjilbab tdk ada pemerkosaan? Apkh anda tau negara islam, nomer 1 dlm kekerasan terhadap wanita
Balas   • Laporkan
8908 | 22/09/2011 | Laporkan
Banyak ayat - ayat qur'an dan hadits mengatakan bahwa perempuan yg tidak bisa menutup auratnya pasti masuk neraka.
wirkoko | 19/09/2011 | Laporkan
setuju
aye_ganteng | 19/09/2011 | Laporkan
iya ne, mana datanya? kalo ga bs buktiin, berarti ini membuktikan Anda tidak berpendidikan jg? untung ga jadi wakil rakyat
santi_h
19/09/2011
gunakan pakaian sepantasnya,sopan,,silahkan mengikuti mode/tren,tp liat dulu apakah mode itu pantas utk digunakan di tempat umum atau tidak..jd jgn selalu salahkan laki2,,"ada kejadian pasti ada kesempatan,jd jgn berikan kesempatan itu....."
Balas   • Laporkan
airvan42 | 19/09/2011 | Laporkan
setuju...
santi_h
19/09/2011
pemerkosa hrs dihukum krn perilakunya buruk,dan wanitapun jg hrs memakai pakaian sopan,tdk menggunakan rok mini,celana leging,baju ketat.itu yg membuat daya tarik bg laki2,shg bisa menimbulkan niat buruk pd wanita itu.jd semua hrs koreksi diri sendiri..
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com