Penerimaan Pajak DKI Tembus Rp10,3 triliun

Fauzi Bowo Dan Menteri Keuangan Hadiri Acara Sensus Pajak
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Kepala Dinas Pelayanan Pajak (DPP) DKI Jakarta, Iwan
Setiawandi, mengungkapkan pendapatan pajak daerah hingga September 2011 mencapai Rp10,3 triliun. Jumlah itu baru 74,3% dari target pendapatan tahun ini sebesar Rp13,9 triliun.

Dia menjelaskan sektor pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan bermotor sebagai penyumbang pendapatan terbesar. "Kedua sektor itu menyumbang 50% dari pencapaian," terang Iwan di Jakarta.

Iwan optimis targetĀ  pajak daerah dapat tercapai, bahkan melampui target hingga akhir tahun anggaran. "Diperkirakan target bisa terlampaui sebesar 2% atau sekitar Rp400 miliar pendapatan," tambahnya.

Adapun sektor pajak yang paling rendah kontribusinya adalah pajak penggunaan air bawah tanah. Hingga September 2011, pencapaiannya baru mencapai Rp100 miliar dari target Rp185 miliar.

Penyebabnya, jelas Iwan, yakni proses penagihan yang tergantung dengan instansi Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD). Pendapatan sektor ini sejalan dengan penertiban penggunaan air bawah tanah ilegal di BPLHD DKI Jakarta.

"Selama BPLHD meningkatkan penertiban, maka pencapaian pajak tersebut akan meningkat. Tapi kalau BPLHD mengendur penertibannya, maka pencapaiannya juga akan semakin rendah," ungkapnya.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo menjelaskan sensus yang sudah dimulai sejak kemarin bertujuan untuk membangun kepercayaan di antara wajib pajak. "Ada dua pendekatan yakni wajib pajak dan badan hukum dan perorangan," ujar Fauzi Bowo.

Sektor UKM seperti retail, kios, toko yang tidak berbentuk badan hukum, kata dia, pendekatan dilakukan dengan membayar pajak pribadi. (umi)

Rumah Dekat Asrama Brimob di Slipi Dilahap Si Jago Merah, 17 Mobil Pemadam Dikerahkan
BMW i5 eDrive40 M Sport meluncur di Indonesia

Alasan Sedan Listrik BMW i5 Belum Memiliki Harga

Beberapa waktu lalu, BMW Group Indonesia baru saja meluncurkan sedan listrik terbaru untuk pasar Indonesia, yang memiliki nama BMW i5 eDrive40 M Sport.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024