- ANTARA/Yudhi Mahatma
VIVAnews - Penerbangan Garuda Indonesia di Bandara Soekarno Hatta terganggu akibat adanya gangguan jaringan pada sistem ticketing hari ini. Sekitar 20 penerbangan mengalami keterlambatan 30 menit atau lebih.
VP Corporate Communication Garuda Indonesia, Pujobroto, mengatakan gangguan akibat sistem Telkom yang bermasalah itu itu terjadi sejak pukul 01.30 WIB. Namun karena penerbangan pagi hari merupakan jam sibuk (peak hours) maka hal itu menyebabkan antrian panjang. Menurutnya hingga pukul 07.00 WIB saja terdapat 20 penerbangan lokal dan internasional.
"Penerbangan pagi harus mengalami penundaan sekitar 30 menit atau lebih," kata Pujobroto saat dihubungi VIVAnews, Senin, 10 Oktober 2011.
Sampai saat ini pihak Telkom masih memperbaiki jaringan. Garuda juga menambah petugas untuk melayani penumpang. Sistem check in harus dilakukan melalui manual, sehingga menyebabkan antrian panjang.
Pujobroto mengatakan Garuda meminta maaf kepada penumpang akibat gangguan ini. "Meski ini gangguan dari Telkom, kami meminta maaf," tambahnya.
Seperti diketahui gangguan Garuda pagi ini disebabkan sistem jaringan Telkom yang bermasalah. Proses keberangkatan dan check in pesawat berasal dari pusat data Garuda yang disalurkan ke Bandara Cengkareng.
"Jaringan dari Telkom yang menghubungkan Garuda dan Cengkareng mengalami gangguan data," tambahnya.