Desember, Kawasan Pasar Baru Ditata

Parkir Liar Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menerapkan parkir dalam gedung di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat. Rencananya, parkir liar di kawasan perniagaan itu akan ditertibkan pada Desember mendatang.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono, mengatakan nantinya akan ada tiga gedung yang diberdayakan untuk menampung kendaraan yang hendak parkir.

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia

Ketiga gedung tersebut yakni Istana Pasar Baru dengan kapasitas 500 mobil, Pasar Baru Square dengan kapasitas 80 mobil, dan Pasar Baru Atom dengan kapasitas 300 mobil.

"Sudah disurvei dan ketiga gedung tersebut dapat menjadi tempat parkir. Penertiban parkir ini berfungsi untuk menata lingkungan dan untuk mengembalikan fungsi jalur bagi pejalan kaki," kata Pristono di Jakarta, Rabu 12 Oktober 2011.

Dia mengungkapkan, untuk menghapus parkir liar petugas juga terkendala oleh banyaknya pedagang kaki lima (PKL) yang menutup akses masuk kendaraan ke gedung parkir. "Untuk itu, kami meminta kepada walikota setempat untuk mengatur kawasan tersebut," tambahnya.

Dengan melakukan penertiban parkir liar, menurut Pristono, sejumlah keuntungan tersebut di antaranya trotoar yang biasa dipenuhi sampah akan menjadi bersih, serta premanisme yang kerap terjadi dapat berkurang.

Pristono menuturkan para pengusaha di kawasan Pasar Baru tak perlu khawatir kehilangan pelanggan jika parkir liar ini dihilangkan. Sebab, lanjutnya, dengan dipindahkan ke parkir dalam dalam gedung justru bisa mendukung kegiatan ekonomi juga.

Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Masih ada berapa tahap lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024