Listrik Tenaga Surya Dibangun di Pulau Seribu

Instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya
Sumber :
  • dailytech.com

VIVAnews - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai membangun sepuluh Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di empat pulau di Kepulauan Seribu dengan total kapasitas daya listrik mencapai 43 ribu watt. Itu dilakukan untuk menghemat energi bahan bakar fosil.

Pemanfaatan energi terbarukan ini untuk mengalirkan listrik ke rumah warga dan penerangan jalan umum (PJU). Selain untuk Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu, PLTS juga akan menerangi 39 PJU di wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Barat, dan Jakarta Timur.

“Dengan bantuan dana APBN, kami telah membangun pemanfaatan energi baru terbarukan tenaga surya atau PLTS untuk rumah di kantor Kepulauan Seribu,” ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Energi DKI Jakarta, I Putu Ngurah Indiana, di Balaikota DKI Jakarta, Rabu, 12 Oktober 2011.

Putu merinci di Kepulauan Seribu, tepatnya di Pulau Karya ada tujuh PLTS yang mengalirkan listrik ke rumah dinas, yakni Sudin Perikanan sebesar 2000 watt, rumah dinas Sudin Pertambangan sebesar 2.400 watt, rumah dinas Sudin Perhubungan sebesar 2.400, rumah dinas Sudin Kesehatan sebesar 1.000 watt. Begitu pula dengan kantor sudin teknis sebesar 4.000 watt, mess seksi dinas sebesar 1.800 watt, dan kantor sudin teknis sebesar 6.500 watt.

“Pemanfaatan energi ini juga mampu mengalirkan listrik ke PJU di DKI Jakarta. Dan kita akan teruskan sehingga seluruh PJU di Jakarta mendapatkan listrik dari tenaga surya,” terangnya.

Pada tahun anggaran 2010, menurut Putu, pihaknya telah membangun 39 PJU dengan PLTS sebagai proyek percontohan. PJU tersebut dibangun di Jakarta Pusat sebanyak 11 titik lampu, Jakarta Utara delapan titik lampu, Jakarta Barat empat titik lampu, Jakarta Timur delapan titik lampu, dan Kepulauan Seribu delapan titik lampu.

Sebenarnya Shin Tae-yong Ingin Timnas Indonesia U-23 Lawan Jepang, Bukan Korea Selatan

Seluruh PJU tersebut hingga kini masih berjalan dengan baik, sehingga dinas merencanakan akan menambah titik lokasi lampu PJU yang dialirkan listrik tenaga surya di Kepulauan Seribu. Yaitu, sebanyak 53 titik PJU dengan PLTS melalui anggaran yang telah dimasukkan ke dalam APBD DKI 2011.

Selanjutnya di 2012, Putu menerangkan, telah merencanakan proyek percontohan pembangunan PLTS dengan sistem terhubung (on gried) dengan jarinan PT PLN di salah satu bangunan yang merupakan aset Pemprov DKI.

“Semuanya ini sedang dipersiapkan. Kami harap dapat dilaksanakan pada tahun depan. Sehingga daya kapasitas listrik bagi kota Jakarta bertambah dengan adanya PLTS tersebut,” tuturnya.

Ternyata Vidi Aldiano Suka Berburu Free Ongkir dan Selalu Menang War Produk
Parto Patrio

Dilarikan ke Rumah Sakit, Parto Patrio Jalani Operasi

Ternyata setelah dibawa ke rumah sakit, Parto Patrio pada hari ini, Rabu 24 April 2024, menjalani operasi.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024