Galian, Macet Parah Sudirman Hingga 2012

Jalur Casablanca ditutup
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Pengguna jalan yang biasa melintas dari arah Thamrin menuju Sudirman dan Blok M diminta untuk bersabar. Kemacetan di wilayah itu memang makin bertambah karena ada proyek crossing saluran air di jalan itu. Hanya satu ruas yang dapat digunakan.

Kemacetan bahkan sudah terjadi sejak kawasan Dukuh Atas. Saat memasuki kawasan Bursa Efek Indonesia (BEI) pengguna jalan diminta untuk bersabar, karena kemacetan akan bertambah parah.

Tingginya volume kedaraan saat jam pulang kantor atau jam sibuk, membuat kawasan ini sangat semrawut. Bahkan kemacetan terjadi hingga malam hari. Sudah sejak sepekan ini pembangunan saluran di Jalan Sudirman memang kerapa menyebabkan kemacetan bertambah.

Disampaikan Wakil Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Novizal, target proyek saluran air di kawasan Thamrin dan Sudirman akan selesai pada pertengahan Desember. Tapi target ini dipastikan mundur, karena saat pelaksanaan SEA Games 11-22 November 2011, pengerjaan saluran air ini akan ditunda dan dilajutkan kembali setelah Sea Games selesai.

"Kalau sesuai kontrak selesainya pertengahan Desember. Tapi selama SEA Games kegiatan dihentikan dulu, setelah itu baru dilanjut lagi," katanya, Jumat 21 Oktober 2011.

Menjelang memasuki musim hujan, pembenahan saluran air untuk mempercepat terjadinya genangan air memang sedang dikejar Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta. Cuaca ekstrem yang terjadi di Jakarta tidak sebanding lurus dengan sarana drainase yang ada. Akibatnya terjadi genangan yang meluas dan berdampak pada kemacetan.

Salah satunya yang sedang dikebut adalah proyek pengerjaan crossing saluran air di Jalan Sudirman dan Thamrin.

Saluran ini akan tembus hingga Kali Cideng serta sebelah selatan halte busway. Saluran ini dianggap mampu mengatasi genangan di Jalan Thamrin dan sekitarnya. Dari Kali Cideng, air kemudian akan dipompa menuju ke Banjir Kanal Barat (BKB).

Pengerukan Kali Cideng dan memiringkan elevasinya juga dilakukan agar air lebih cepat mengalir dan mampu menampung volume air dalam jumlah besar. (adi)

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa
Sidang Lanjutan sengketa perselisihan hasil Pilpres 2024 di MK

Sidang Sengketa Pilpres, MK Pertimbangkan Hadirkan Mensos hingga Menkeu

Kubu 01 dan 03 meminta izin ke MK agar bisa menghadirkan sejumlah menteri dalam persidangan sengketa Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024