Macet, Hindari Rute Arak-arakan Api SEA Games

Syahrul Yasin Limpo (kiri) menerima obor Sea Games dari Arif Taufan Samsudin
Sumber :
  • ANTARA/Yusran Uccang

VIVAnews - Warga Jakarta Utara diimbau untuk turun ke jalan guna menyaksikan datangnya api obor SEA Games, di kantor PT Ajinomoto, Jalan Yos Sudarso, Jakarta Utara, Sabtu, 5 November 2011 sekitar pukul 14.00 Wib.

Rencananya obor SEA Games akan diletakan di kantor Walikota, setelah sebelumnya obor diserahkan oleh Wakil Wali Kota Jakarta Timur, Krisdianto, kepada Wakil Walikota Jakarta Utara, Mangara Pardede.

Walikota Jakarta Utara, Bambang Sugiyono, mengatakan sebelum tiba di Jakarta Utara, api SEA Games akan tiba di Bandara Soekarno Hatta Jumat ini.

Gadis ABG Tewas Dicekoki Narkoba di Hotel Jaksel, Polisi Temukan Senpi dan Alat Bantu Seks

Obor akan diterima oleh Walikota Jakarta Barat di RS Dharmais, Jalan S.Parman. Lalu dibawa ke kantor Menteri Pemuda dan Olahraga, Gedung Indosat, kantor Wakil Presiden dan ditaruh di kantor Gubernur DKI Jakarta.

"Sabtu, obor akan diarak ke wilayah Jakarta Pusat,  Jakarta Timur, dan Jakarta Utara," tuturnya.

Bambang menjelaskan setelah diletakkan di kantor Walikota Jakarta Utara, obor akan dibawa ke Pelabuhan Tanjungpriok oleh duta obor SEA Games, mantan pebulutangkis nasional Icuk Sugiarto.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

"Dari Pelabuhan Tanjungpriok, obor akan dibawa ke Palembang dengan kapal laut," ucap Bambang.

Dengan adanya persinggahan itu, Jalan Yos Sudarso diperkirakan macet. Karena di sepanjang jalan akan dipenuhi masyarakat menyaksikan obor.

Nantinya akan ada hiburan, seperti arak-arakan dan kesenian tradisional betawi. Di sepanjang jalan juga akan dipenuhi umbul-umbul SEA Games.

"Untuk meramaikan acara itu, masyarakat bisa memenuhi Jalan Yos Sudarso. Tetapi datanglah dengan berjalan kaki untuk menghindari kemacetan. Kami juga mengundang sejumlah stake holder untuk meramaikan acara tersebut," jelas dia.

Bambang mengimbau kepada pengelola mal dan kantor untuk memasang umbul-umbul SEA Games. Ini dimaksudkan agar dunia mengetahui rakyat Indonesia benar-benar mendukung pergelaran SEA Games.

Wakasat Lantas Jakarta Utara, Komisaris Frans HM menambahkan pihaknya telah menyiapkan pengaturan lalu lintas selama proses transitnya api obor SEA Games. "Kami mengerahkan personel gabungan yang terdiri dari polisi lalu lintas sebanyak 75 orang, Sudin Perhubungan Jakarta Utara 48 orang, dan 63 anggota Satpol PP Kecamatan Jakarta Utara," ucap Frans.

Frans mengungkapkan dalam pengaturan nanti tidak ada penutupan jalan atau pengalihan. Pasalnya prosesi transit tidak berjalan lama.

MIC Kembali Hadir Meriahkan Hari KI Sedunia Ke-24 Tahun 2024

"Pengendara motor dan mobil yang ingin menghindari kemacetan bisa menggunakan jalan lain, seperti Jalan Boulevard Barat, Jalan Raya Plumpang Semper, dan Jalan Mitra Sunter Barat," ujarnya.

Dari pantauan sepanjang Jalan Yos Sudarso dan kantor Walikota Jakarta Utara kemarin belum tampak terpasang umbul-umbul. Tidak ada kegiatan persiapan apa pun di kantor Wali Kota Jakarta Utara. Laporan: Arnes Ritonga | Jakarta Utara

Parto Dijenguk Akri dan Eko Patrio

Ini Momen Eko dan Akri Jenguk Parto Patrio di Rumah Sakit

Parto Patrio dikabarkan masuk rumah sakit beberapa hari yang lalu, dengan foto terbarunya yang terbaring di dalam ambulans menjadi perbincangan di media sosial.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024