Dana Pembebasan Lahan JORR W2 Sudah Rp400 M

Ilustrasi proyek pembangunan jalan nasional
Sumber :
  • Antara/ Andika Wahyu

VIVAnews - Pembangunan fisik Jakarta Outer Ring Road (JORR) W2 sudah dimulai sejak Oktober 2011 kemarin, dan diresmikan langsung oleh Wakil Menteri Pekerjaan Umum, Hermanto Dardak.

Menginspirasi Generasi Baru, Fashion Crafty Jakarta Hadirkan Kolaborasi Fashion Photos Project 5

Meski demikian, masih ada sejumlah kendala yang dihadapi. Salah satunya pembebasan lahan di Petukangan Selatan, Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

"Progress-nya sudah mencapai 92 persen. Pembangunan sudah dimulai dari Meruya Utara," kata Ketua Panitia Pengadaan Tanah (P2T) Kementrian PU Ambardy Effendy, kepada VIVAnews.com, di Jakarta, Rabu, 9 November 2011.

Masalah tuntutan warga Petukangan Selatan ini menurut Ambardy tidak membuat pembangunan proyek JORR W2 ini berhenti di tengah jalan.

"Pembangunan terus berjalan. Karena target kami akhir 2012 harus sudah selesai dan dioperasikan pada 2013," tegasnya.

Adapun lahan yang belum dibebaskan di kawasan tersebut seluas 3.000 meter. Dia mengaku optimis masalah ini akan segera selesai.

Kemarin, sebanyak 10 bidang tanah milik warga yang berada di Kelurahan Petukangan Selatan dan Petukangan Utara, mendapatkan uang ganti rugi. Untuk ke-10 bidang tanah itu, jumlah total yang dibayarkan sebesar Rp 5,2 miliar.

Dia menambahkan, hingga saat ini total dana yang telah dibayarkan untuk pembebasan di wilayah Jakarta Selatan sebesar Rp 400 miliar.

"Kira-kira sudah Rp 400 miliar yang sudah dibayarkan untuk Jakarta Selatan. Untuk yang konsinyasi masih belum pasti jumlahnya," ungkap Ambardy.

Seperti diketahui, masalah berawal sejak tuntutan warga dimenangkan oleh Pengadilan Tata Usaha Negara. Sebanyak 300 Kepala Keluarga yang terancam kehilangan tanah mereka mengeluhkan Pemerintah DKI Jakarta yang tak pernah membuka pintu musyawarah.

Padahal, PTUN sudah membatalkan Surat Keputusan Wali Kota Jakarta Selatan yang berisi ketetapan harga pembebasan lahan milik warga. Namun, sebaliknya, Pemerintah DKI Jakarta malah mengajukan banding.

JORR W2 akan dibangun sepanjang 7,6 kilometer mulai dari Ulujami, Jakarta Selatan hingga Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Diharapkan dengan terselesaikannya pembangunan JORR W2 ini bisa mengurai kemacetan di Ibu Kota, karena angkutan berat bisa melewati tol lingkar luar dan tidak lagi melintasi di tol dalam kota. (eh)

Kubu 03 Bantah Pemilu Ulang Hambat Pelantikan Presiden Terpilih: Alasan Mengada-ada
Lemon dan madu

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa

Radang tenggorokan saat berpuasa bisa menjadi hal yang menyebalkan. Rasa gatal, perih dan kering di tenggorokan dapat mengganggu ibadah dan aktivitas sehari-hari.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024