Selundup Narkoba, 2 WNA Dibekuk Petugas

Polisi Sita Sabu 700 Gram di Apartemen Pasadenia
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Warga negara Turki berinisial KY, 38 tahun, dan warga negara China berinisial LW, 37 tahun, ditangkap petugas Bea dan Cukai Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Tangerang.

Keduanya ditangkap setelah kedapatan membawa narkotika jenis methamphetamine ke Indonesia.

"Keduanya ditangkap terpisah, saat masuk di Terminal IIĀ  kedatangan," kata Oza Olavia, Kepala Bea dan Cukai Bandara Soetta kepada VIVAnews.com, Selasa 15 November 2011.

Dari tangan keduanya diamankan barang bukti kristal bening seberat 2,066 gram senilai Rp4,132 milyar dan kristal bening seberat 1,048 gram senilai Rp2,096 milyar.

"Modusnya, sabu disembunyikan di dinding koper dan satunya dikemas dalam kotak nasi goreng instan," jelasnya.

Kronologis penangkapan terjadi pada Jumat, 11 November 2011, pukul 08.30 WIB. Berawal dari kecurigaan petugas terhadap KY, penumpang Singapore Airlines rute Singapura-Jakarta, SQ-950. KY mengaku sebagai akuntan dan diembeli imbalan berbelanja ke Singapura.

"Setelah dilakukan pemeriksaan x-ray dalam koper ditemukan barang mencurigakan di dinding koper. Hasilnya positif methamphetamine," katanya.

Sementara, pelaku lainnya LW, juga ditangkap atas kecurigaan petugas yang melihat gerak-geriknya mencurigakan saat turun dari pesawat Chatay Pacific, nopenerbangan CX-797, rute Hongkong Jakarta. LW ditangkap pada Senin 14 November 2011.

"Petugas memutuskan untuk memeriksa kopernya. Ternyata ditemukan methamphetamine dalam kotak nasi goreng instan," ujarnya.

Pelaku diancam hukuman, dengan pasal 114 UU nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika, dengan ancaman 5 sampai 20 tahun atau denda 1 Milyar. (eh)

Laporan: Muhammad Iyus | Tangerang

Imigrasi Bali Tahan Paspor Hyoyeon Girls Generation, Bomi Apink hingga I.O.I Im Nayoung
PNM hadir di APEC SMEWG

Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG

PNM hadir pada forum Asia-Pacific Economic Cooperation Small Medium Enterprises Working Group (APEC SMEWG).

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024