Update

Perpanjang STNK Lewat ATM Mulai 9 Februari

VIVAnews - Bagi Anda pemilik kendaraan tidak perlu repot lagi ke Kantor Samsat jika ingin memperpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan. Mulai Senin, 9 Februari 2009, pekan depan, perpanjangan STNK bisa dilakukan lewat mesin ATM.

"Program baru ini mempunyai nama e-payment Samsat," kata Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Metro Jaya, Komisaris Besar Zulkarnain, Senin 2 Februari 2009.

Pelayanan baru ini akan mempermudah masyarakat memperpanjang STNK tanpa harus datang dan mengantre di loket. Para wajib pajak juga tak akan dibebani biaya administrasi apapun.

Kemudahan  pelayanan pajak ini berkat kerja sama Dinas Pendapatan (Dispenda) DKI, Mabes Polri dan Bank DKI. Warga yang ingin memperpanjang STNK bisa melakukan pembayaran di ATM Bank DKI. Bukti pembayaran kemudian dibawa ke Kantor Samsat untuk ditukar dengan STNK yang baru. "Jadi lebih efisien," ujarnya.

Loket penukaran struk pembayaran perpanjangan STNK juga dilayani di sejumlah gerai Samsat yang tersebar di lima wilayah DKI. Diantaranya berada di Mall Taman Palem, Cengkareng, Jakarta Barat; Mall Artha Gading, Kelapa Gading, Jakarta Utara; Pusat Grosir Cililitan, Jakarta Timur; Jalan Daan Mogot Km 13, Jakarta Barat; Jalan Gunung Sahari No 13, Jakarta Pusat dan by pass Kebon Nanas, Jakarta Timur.

Layanan online ini, sementara, hanya dapat dinikmati para nasabah Bank DKI. Program ini akan dievaluasi dalam tiga bulan pertama. Sebanyak 23 bank ternama pun sedang dijajaki untuk bekerja sama melayani perpanjangan STNK. 

Kepala Sub Dinas Perencanaan dan Pengembangan Dinas Pendapatan Daerah DKI Jakarta, Iwan Setiawan, awalnya mengatakan, layanan ini siap dinikmati mulai 1 Februari 2009. Namun, hingga kini petugas masih mempersiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan.

Pada 2 dan 3 Februari 2009, petugas memastikan bahwa ATM Bank DKI sudah terpasang di seluruh Samsat. Petugas juga harus memastikan seluruh ATM tersebut berfungsi baik. Hari berikutnya, petugas akan mengadaptasi sistem layanan online perpanjangan STNK ke dalam sistem kerja mesin ATM.

Berhasil Gagalkan Penyelundupan Sabu, 2 Prajurit Pulanggeni Kopasgat TNI AU Dapat Penghargaan
Jeno NCT

Jeno NCT Ulang Tahun ke-24! Fakta Menarik Sang 'Kapten' NCT yang Jarang Diketahui

Jeno NCT kini tengah bahagia karena ia sedang berulang tahun tepat pada Selasa, 23 April 2024. Jeno yang memiliki nama panjang Lee Jeno ini sudah menginjak usia 24 tahun.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024