5 Desember, Perubahan Rute KRL Diberlakukan

Uji Coba Kereta KRL Commuter Line
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Mulai tangga 1 sampai 4 Desember 2011, PT Kereta Api Commuter Jabodetabek (KCJ), melakukan uji coba perubahan rute perjalanan KRL. Rencananya, pada 5 Desember, rerouting resmi diberlakukan.

Sekretaris Perusahaan PT KCJ, Makmur Syaheran, mengatakan saat ini sarana penunjang untuk mendukung pola baru itu sudah disiapkan.

Syamsuddin Haris Heran Albertina Ho Dilaporkan ke Dewas, Sindir Dugaan Etik Nurul Ghufron

Menurutnya, Stasiun Manggarai yang akan dijadikan stasiun transit utama juga sudah diperbaiki. "Itu maksimum yang bisa kami capai. Siap atau tidak, kami siap di level itu," kata Makmur dalam perbincangan dengan VIVAnews.com, Selasa 22 November 2011.

Dia menjelaskan, di Stasiun Manggarai, yang digunakan untuk transit hanya peron tinggi. "Nanti kami pasang rambu," ujar dia.

Makmur mengungkapkan, untuk mempermudah penumpang, pihaknya akan menempatkan announcer di dekat peron. Selain itu petugas juga ditambah untuk mengurangi kerawanan saat berlangsungnya transit.

Dalam perubahan ini, PT KCJ memangkas 37 rute yang ada menjadi enam rute. Makmur menambahkan rerouting dilakukan supaya tidak terjadi lagi crossing (persilangan) di besar, sehingga mengakibatkan antrean yang memakan waktu cukup lama.

Bawaslu Ultimatum Jajaran Tak Main Mata Dalam Proses Rekrutmen Panwascam Pilkada 2024

Adapun enam rute yang efektif beroperasi yaitu rute 1 melintas Bogor-Manggarai-Tanah Abang-Duri-Jakarta Kota-Jatinegara. Rute 2 melintas Parung-Panjang-Serpong-Tanah Abang. Kemudian Rute 3 melewati Tangerang-Duri. Rute 4 melintas Tanjung Priok-Jakarta Kota.

Rute 5 melintas Bekasi-Jatinegara-Manggarai-Jakarta Kota, dan 6 Bogor- Manggarai-Jakarta Kota. "Rute untuk lintas Bogor ditambah mengingat penumpang untuk jurusan ini paling besar," terang dia.

Kereta tujuan stasiun Kota hanya berhenti di stasiun Manggarai. Setelah itu penumpang yang ingin menuju Kota, Tanah Abang, Bekasi dan lainnya berganti kereta. "Tapi khusus untuk KRL Bogor, penumpang tidak perlu transit karena kereta langsung menuju Jakarta atau Tanah Abang," ucap Makmur.  (umi)

Pisces

4 Tanda Zodiak Paling Sederhana dan Humble, Apakah Kamu Termasuk dalam Daftar Ini?

Ada beberapa tanda zodiak yang dikenal karena sifat-sifat sederhana dan kerendahan hati yang membuat mereka menonjol di antara yang lain. Salah satunya yaitu Virgo.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024