Diprotes, Rute Baru KRL Tetap Diberlakukan

Uji Coba Kereta KRL Commuter Line
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Setelah melakukan ujicoba selama empat hari, mulai pagi ini, Senin 5 Desember 2011, PT Kereta Api resmi memberlakukan pola baru rute KRL dan jalur melingkar.

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia

Sekretaris Perusahaan PT Kereta Api Commuter Jabodetabek, Makmur Syaheran, mengatakan berdasarkan evaluasi pihaknya menambah satu perjalanan KRL dari Bekasi menuju Jakarta-Kota pada pukul 07.02 WIB, menambah kereta penghubung Manggarai-Sudirman pagi dan sore masing-masing satu rangkaian, dan Tanah Abang menuju Serpong pada sore hari, satu kereta.    
 
"Jadi artinya penumpukan penumpang penumpang kami usahakan dapat dikurangi," kata Makmur dalam perbincangan dengan VIVAnews.com. Menurut dia, dalam waktu dekat jadwal baru akan dipublikasikan.

Berdasarkan pantauan di dalam commuter line pemberangkatan Bogor menuju Tanah Abang pukul 6.00 WIB, tiba di Stasiun Depok, kereta sudah penuh sesak penumpang.

Akibatnya, penumpang di Stasiun Pondok Cina hingga Stasiun Cawang tidak dapat diangkut. Sempat terjadi keributan antara penumpang di dalam kereta karena ada penumpang yang memaksakan naik.

Kondisi itu membuat salah seorang penumpang berinisiatif untuk menelepon Makmur. "Tolong Pak, kereta ke Tanah Abang pagi hari ditambah. Ini penumpang berjubel, ada enam orang yang berdiri di sambungan. Apa Bapak mau tanggung jawab kalau terjadi apa-apa," teriak penumpang itu di gerbong wanita.

Menanggapi keluhan itu, Makmur berjanji mengupayakan. "Tapi kami lihat kapasitas lintas terlebih dahulu," ujar Makmur.

Juru bicara KRL Mania, Agam Fatchurrochman, mengakui jika banya penumpang tujuan Tanah Abang yang mengeluh karena PT KA tidak adil dalam membuat rute. Mereka menilai tujuan Jakarta-Kota lebih mendapat prioritas.

Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi

Padahal jurusan Tanah Abang banyak diminati, terutama oleh para karyawan yang bekerja di bilangan Sudirman. PT KA memang membagi 60-40 untuk perjalanan Bogor-Jakarta dan Bogor-Tanah Abang. Prosentase itu diambil berdasarkan jumlah karcis.

Namun menurut Agam cara itu tidak efektif karena semua penumpang jurusan Tanah Abang dari arah Bogor membeli tiket jurusan Jakarta mengingat harganya sama. "PT KA juga tida mencetak tiket khusus untuk tujuan Tanah Abang," kata Agam. (adi)

Nikita Mirzani

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Di mata Nikita Mirzani, Rizky Irmansyah adalah sosok laki-laki berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024