Kadar Gula Tinggi Bikin Wajah Terlihat Tua

Keriput
Sumber :

VIVAnews - Apakah wajah Anda terlihat lebih tua dari usia teman sebaya? Mungkin sebaiknya Anda memeriksa kadar gula dalam darah. Sebuah riset terbaru menemukan, tingginya kadar gula darah dalam darah menyebabkan wajah seseorang tampak lebih tua dari usia sebenarnya.

Studi bersama antara Leiden University Medical Centre dan Unilever R&D menemukan adanya hubungan antara kadar gula darah pada manusia dan usia wajah (facial age). Orang yang berusia 50-70 tahun dengan kadar gula tinggi akan terlihat lebih tua daripada mereka dengan kadar darah lebih rendah.

Studi ini melibatkan 600 pria dan wanita usia 50-70 tahun di Belanda. Peneliti menyimpulkan, setiap kenaikan 1mmol/liter kadar gula darah, wajah seseorang akan kelihatan lebih tua lima bulan.

Diana van Heemst, Associate Professor di Leiden University Medical Center mengatakan, "Hasil studi menunjukkan pentingnya mengontrol kadar gula darah bagi kesehatan orang di usia paruh baya dan lanjut usia. Terlihat awet muda mungkin bisa menjadi motivasi bagi orang untuk mengubah gaya hidupnya agar menjadi lebih sehat di sekitar usia 50-70 tahun."

David Gunn, Ilmuwan senior di laboratorium R&D Unilever di Colworth Science Park mengatakan, “Ini pertama kali studi membuktikan adanya hubungan antara kadar gula darah dan penuaan wajah. Banyak riset yang membuktikan kadar darah tinggi tak baik bagi kesehatan. Tapi studi ini membuktikan, gula darah juga membuat orang tidak kelihatan awet muda.”

Studi yang diterbitkan di AGE menyebutkan, perlu riset lebih lanjut untuk mengetahui penyebab sebenarnya. (art)

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension
Ilustrasi pelaku

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp100 Juta Jadi Tersangka

Polisi telah menangkap sopir taksi online yang menodong dan melakukan pemerasan terhadap penumpang wanitanya.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024