PT KA: Manggarai Rawan Pencurian Kabel

Kereta KRL Commuter Line
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - PT Kereta Api Indonesia menyatakan dari sekian banyak stasiun yang ada di Jabodetabek, Stasiun Manggarai merupakan stasiun paling rawan pencurian kabel.

"Manggarai itu paling sering terjadi kejadian pencurian semacam ini," kata Kepala PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Daops I Jabodetabek, Purnomo Radiq, di Jakarta.

Purnomo mengaku meminimalisir masalah ini, pihaknya telah menurunkan petugas untuk berjaga, dan memeriksa kondisi kabel yang ada agar perjalanan kereta tidak terganggu. Meski begitu, masih saja pihaknya kerap kecolongan oleh mereka yang tidak bertanggung jawab.

"Kami sudah turunkan petugas untuk berjaga. Tapi ya stasiun itu panjang, warga bebas berkeliaran. Jadi ya seperti itu yang akhirnya terjadi," ujarnya.

Purnomo mengingatkan pencurian kabel persinyalan sangat berbahaya dan juga merugikan masyarakat banyak. Dia berharap agar orang-orang yang biasa melakukan hal ini dapat segera menyadari tindakannya.

Rawannya tindak pencurian ini juga dikarenakan sanksi hukum yang terlalu ringan bagi para pencuri. Rata-rata hukuman kurungan yang dijatuhkan hanya tiga bulan saja, sebab nilai materi logam kabel bukan dari dampak yang ditimbulkan pada perkeretaapian dan masyarakat.

Berdasarkan data PT KA, selama periode Januari hingga November 2011 ini, terjadi sebanyak 68 kejadian pencurian kabel dan komponen persinyalan lainnya. 

Salah satu akibat pencurian kabel yang mengakibatkan terhentinya lalu lintas kereta adalah kejadian yang terjadi pada Selasa, 6 Desember 2011 lalu. KRL ekonomi tujuan Jakarta-Bogor terhenti di Stasiun Tanjung Barat dan sempat mengeluarkan api lantaran kabelnya putus.

5 Fakta Menarik Jelang Timnas Indonesia vs Australia di Piala Asia U-23

Karena kejadian ini, penumpang berhamburan keluar dan terpaksa mencari alternatif transportasi lain atau mau tidak mau menunggu hingga perbaikan selesai.

Lolly, anak pertama Nikita Mirzani

Ada Apa dengan Lolly? Ungkapan Capek dan Keinginan Hidup Tenang Jadi Sorotan

Laura Meizani Nasseru Asry atau yang akrab dengan nama Lolly mencurahkan isi hatinya untuk sang ibunda, Nikita Mirzani.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024