Tahun Depan, Koridor XII Busway Dibangun

Liburan tahun baru di Ragunan
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf

VIVAnews - Setelah mengoperasikan koridor XI pada Rabu 28 Desember 2011, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana melanjutkan pembangunan koridor XII (Tanjungpriok-Pluit) pada 2012 mendatang.

Shin Tae-yong: Saya Stress

"Tahun depan kami kembali bangun koridor XII untuk memaksimalkan pelayanan," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Prsitono di Jakarta, Kamis 29 Desember 2011.

Menurut dia, keberadaan koridor XII ini diharapkan dapat mengurangi beban koridor V (Kampung Melayu-Ancol). Sehingga masyarakat yang akan ke Ancol nantinya dapat mengakses melalui koridor tersebut dan tidak menumpuk di koridor V, khususnya di halte-halte transit.

"Ini nanti lewat Kemayoran juga. Jadi, masyarakat yang mau menuju ke Kemayoran bisa naik bus transjakarta," ucap dia.

Kepala Seksi Fasilitas Pendukung Dishub DKI Jakarta, Erna Yuni menambahkan, pembangunan koridor XII mulai dikerjakan Juni 2012 dan ditargetkan rampung pada Desember.

Dikatakan Erna, panjang lintasan di koridor ini mencapai 20 kilometer dan akan dilengkapi dengan 20 halte. Meski demikian, pihaknya mengaku belum mengetahui anggaran yang akan dialokasikan untuk pembangunan koridor tersebut.

"Untuk anggaran kami belum mengetahui. Nanti dialokasikan di APBD DKI Jakarta 2012," ujar Erna.

Dia juga belum mengetahui berapa banyak armada yang akan melayani koridor ini. Yang jelas, diungkapkan Erna, pihaknya pada tahun depan akan menambah  202 bus gandeng.

Hasto Bicara Oposisi dan Koalisi, Bagaimana Sikap Politik PDIP?

Penambahannya sendiri dilakukan bertahap yakni di kuartal ketiga 2012 ada 66 bus gandeng, 76 bus gandeng di bulan Desember serta ditambah 60 armada cadangan.

Sedangkan untuk tahun 2011, Dishub juga menambah sebanyak 44 unit bus gandeng. Rinciannya, 21 unit untuk Koridor XI (Pulogebang-Kampungmelayu) dan 23 unit lainnya digunakan sebagai armada tambahan bagi koridor-koridor lain jika mengalami kekurangan armada.

Saat ini, sebanyak 11 koridor bus TransJakarta sudah beroperasi. Sejak dioperasikan pada 2004 lalu, tahun ini, penumpang bus dengan koridor ini mencapai rata-rata 350 ribu penumpang perhari. Angka tersebut meningkat dari tahun lalu yakni hanya 280 ribu penumpang. (umi)

Fear Of Missing Out

Relevansi The Freudian dengan Perilaku Konsumen di Era Digital

Fenomena FOMO mencerminkan interaksi kompleks dalam interaksi sosial.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024