Macet 5 Km, Buruh Tangerang Blokir Tol Bitung

Demo RUU BPJS SJSN
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Ribuan buruh dari Aliansi Serikat Buruh Tangerang Raya memblokir jalan tol Bitung saat menuju kantor gubernur Banten. Mereka menuntut kenaikan Upah Minimum Kota (UMK). Masa yang datang, dengan menggunakan mobil dan motor, nekad masuk melalui jalan Tol Tangerang-Merak.

MIND ID Pastikan Beri Manfaatan Bagi Daerah Wilayah Kerja, Begini Caranya

"Mereka sudah dihalau polisi untuk keluar tol. Saat ini masih terjadi kemacetan meski perlahan sudah mencair. Semula kemacetan hingga kawasan Alam Sutra," kata petugas Call Center Jasa Marga bernama Sardi, Kamis, 29 Desember 2011.

Pengujuk rasa masuk tol melalui exit tol Bitung dan memblokir dua jalur di KM 26 selama dua jam. Sehingga terjadi kemacetan hingga 5 kilometer.

Indonesian Students Victim of Germany Human Trafficking Mostly In Debt

Tidak hanya tol Tangerang-Merak yang berdampak macet. Jalan Raya Serang, dari arah Kota Tangerang juga macet total sejak Jatiuwung. Juga arah sebaliknya, arus lalu lintas macet total sampai sekitar empat kilometer.

"Saat ini terjadi kemacetan di jalan Arteri Bitung. Karena banyak kendaraan yang harus antre masuk tol," kata Sardi lagi.

Sebelumnya, ribuan massa masih menduduki gerbang tol Bitung. Saat perwakilan buruh melakukan negosiasi dengan polisi agar diizinkan melalui jalan tol tersebut. Negosiasi dilakukan sekitar satu jam.

Akhirnya, karena banyaknya masa yang sudah terlanjur masuk tol. Iring-iringan buruh menggunakan kendaraan motor melintas Tol tangerang Merak.

Sebelumnya, masa buruh juga memblokir lampu merah tanah tinggi sekitar satu jam. Masa juga melakukan orasi persis dipertengahan lampu merah.

Akses jalan dari arah Kota Tangerang yang menuju ke arah Kalideres ataupun arah sebaliknya macet parah. Selain itu, akses Jalan Sudirman dari Cikokol yang menuju Jalan Pembangunan III, mengarah ke Pintu M 1 Bandara Soetta terhambat dengan adanya aksi buruh.

Buruh Tangerang, hari ini serempak melakukan aksi menuntut disamakannya UMK Tangerang dengan DKI Jakarta. Aksi buruh ini, berasal dari banyak titik kumpul. Selain dari Kota Tangerang buruh Kabupaten Tangerang berkumpul di Jembatan Tol Bitung, selanjutnya pergi ke Kantor Gubernur Banten.

Ribuan buruh Tangerang Raya ini yang berasal dari 20 Aliansi. Mereka, nantinya akan menggunakan jalur tol Tangerang-Merak, untuk menuju kantor Gubernur Banten. Mereka mengaku telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian.

"Kami menuntut Gubernur Banten untuk merevisi UMK 2012, dari Rp 1,381 juta perbulan menjadi Rp 1,529 juta perbulan," kata Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Tangerang, Koswara.

Laporan: Muhammad Iyus | Tangerang

KPU Sebut Gugatan Ganjar-Mahfud yang Singgung Jokowi Salah Sasaran
Otto Hasibuan, Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Otto Hasibuan Sebut Gugatan Sengketa Pilpres Anies dan Ganjar Sebuah Kemunduran

Menurut Otto, gugatan itu lebih tepat dilayangkan ke Bawaslu ketimbang MK.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024