FOTO Nasib Para Penghuni Gerbong Kereta Bekas

Manusia Gerbong
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews – Selamat datang tahun 2012. Tahun baru, harapan baru. Semestinya hal itu berlaku untuk semua orang, termasuk warga miskin yang terpaksa tinggal di gerbong kereta bekas di Kampung Bandan, Jakarta Utara, karena ketidakberpunyaan mereka.

Inilah sisi lain Ibukota Jakarta yang gemerlap. Di Kampung Bandan, kaum miskin memanfaatkan gerbong kereta bekas sebagai ‘rumah’ mereka. Tentu saja, ‘rumah’ itu tidak dilengkapi dengan fasilitas listrik dan air bersih untuk menunjang kehidupan mereka.

Lihat kehidupan warga miskin Ibukota yang tinggal di gerbong kereta bekas di tautan foto berikut. Para warga tak berpunya ini tak mampu membayar sewa tempat tinggal macam kontrakan akan kos-kosan di Jakarta, sehingga menjadikan gerbong kereta bekas sebagai alternatif.

Tentu saja ini menjadi pekerjaan rumah berat bagi para bakal calon Gubernur DKI Jakarta yang sejak sekarang sudah mengambil ancang-ancang untuk bertarung di tahun 2012 ini. Bisakah Gubernur DKI Jakarta mendatang mengentaskan kemiskinan di Ibukota, atau setidaknya mempersempit kesenjangan sosial yang begitu nyata di kota sesak itu?

Pada tahun 2011 yang baru saja berlalu, Pemerintah DKI sebetulnya sudah menjanjikan penyediaan anggaran bagi warga miskin. Total anggaran itu berkisar hingga Rp13,3 triliun. Bappeda DKI Jakarta menyebutkan, alokasi anggaran utamanya akan didistribusikan untuk sektor pendidikan dan kesehatan.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sendiri, di penghujung tahun 2011, mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mengentaskan kemiskinan di negeri ini.

“Kerja keras untuk menciptakan lapangan kerja dan mengurangi kemiskinan. Saya juga mengajak pemerintah untuk menciptakan kesejahteraan masayrakat. Apa yang belim kita raih di tahun 2011, mari kita tingkatkan,” kata SBY di Jakarta, Sabtu 31 Desember 2011 pekan lalu.

Semoga harapan dan niat baik pemerintah ini, bisa segera terrealisasi, sehingga warga miskin pun dapat mengecap hidup yang lebih baik di tahun baru ini. (umi)

Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi
Sandra Dewi dan Harvey Moeis

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia

Artikel tentang saham bernilai triliunan rupiah milik suami Sandra Dewi, Harvey Moeis menjadi yang terpopuler di kanal Trending VIVA.co.id sepanjang Kamis, 28 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024