1.500 Buruh KBN Cilincing Demo Naik Upah

Demo SBSI
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Sebanyak 1.500 buruh menggelar unjuk rasa di depan pintu masuk utama Kawasan Berikat Nusantara (KBN) Cilincing, Jakarta Utara, Kamis, 19 Januari 2012. Aksi sudah dilakukan buruh sejak pagi.

Mereka menuntut Dinas Tenaga Kerja DKI Jakarta dan Dewan Pengupahan Provinsi agar menaikkan Upah Minimum Sektoral Provinsi (UMSP) DKI Jakarta menjadi 20 persen dari Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI Jakarta 2012.

"Dinas Tenaga Kerja DKI dan Dewan Pengupahan DKI Jakarta menetapkan kenaikan UMSP hanya lima persen dari UMP 2012. Padahal kenaikan lima persen itu adalah angka di tahun 2010. Jelas hal itu tidak sesuai dengan standard Kebutuhan Hidup Layak (KHL) saat ini," kata Bayu Murnianto, Ketua Forum Serikat Buruh Indonesia (FSBI).

Bayu mengatakan, sesuai Peraturan Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 117 Tahun 2011 tentang Upah Minimum Provinsi Tahun 2012, ditetapkan UMP tahun ini sebesar Rp1.529.150.

Bila kenaikan UMSP hanya lima persen, maka buruh hanya akan menerima upah sebesar Rp 1.605.700. Padahal seharusnya upah sektoral buruh di KBN bisa mencapai Rp1.834.980.

Bayu menuding, ketetapan itu dibuat bukan berdasarkan kesepakatan dengan para buruh yang bekerja di KBN Cilincing. "Kesepakatan itu dibuat oleh kelompok yang mengatasnamakan buruh di KBN, jelas saja ketetapannya mengikuti selera pengusaha," ujarnya lagi.

Unjuk rasa para buruh ini akan berlangsung sampai ada keputusan hasil pertemuan antara Apindo, Dewan Pengupahan, buruh dan Disnakertrans di Balai Kota. Diperkirakan sekitar pukul 14.00 WIB siang ini akan ada keputusan dari pertemuan tersebut.

Saat coba dikonfirmasi tentang tuntutan buruh tersebut, ponsel Kepala Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jakarta Utara, Robert B. Tarigan tidak menjawab.

Pantauan di lokasi, ribuan buruh itu terlihat berkumpul dan berorasi di depan pintu masuk KBN. Bahkan sempat terjadi aksi dorong antara buruh dengan polisi.

Akses jalan menuju ke KBN juga terganggu. Bukan hanya itu, puluhan truk kontainer yang ingin masuk ke dalam kawasan juga terhambat, sehingga truk kontainer parkir di Jalan Raya Cakung Cilincing, dan menyebabkan hambatan.

Selain menutup pintu utama KBN Cilincing, para buruh juga berusaha merangsek masuk ke dalam kawasan untuk meminta rekan-rekan mereka yang masih bekerja di 98 pabrik di dalam KBN agar berhenti bekerja.

Namun keinginan buruh itu sulit dilakukan, karena ratusan petugas kepolisian dari Polres Jakarta Utara, Polda Metro Jaya, dan petugas keamanan internal KBN Cilincing, berjaga di depan kawasan dengan membentuk pagar betis.

Sempat terjadi aksi dorong-dorongan, antara demonstran yang ingin masuk ke dalam dengan polisi yang berjaga di depan gerbang utama KBN. Beberapa buruh perempuan sempat terjatuh dalam aksi tersebut, namun tidak ada buruh yang terluka. (adi)

Elite Gerindra Sebut Polri Sudah "On the Track" Tangani Kasus Firli Bahuri
Ilustrasi teknologi tes DNA yang praktis

Analisis Metabolisme Tubuh dan Kebutuhan Nutrisi Lewat Tes DNA

Sebuah tes DNA yang menganalisis metabolisme dan kebutuhan nutrisi, memungkinkan para pengguna memperoleh pemahaman yang lebih komprehensif mengenai kondisi kesehatannya

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024