VIDEO: Ricuh Pembongkaran di Jalan Pemuda

Penggusuran Lahan di jalan Pemuda
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Personel gabungan dari Satpol PP, Polisi dan TNI, dikerahkan untuk melakukan pembongkaran bangunan liar di kawasan Jalan Pemuda, Jakarta Timur, Senin 6 Februari 2012. Saat penertiban, seorang pemuda yang dianggap sebagai provokator nyaris menjadi bulan-bulanan massa.

Setelah beberapa kali gagal melakukan pembongkaran karena mendapat perlawanan dari warga, akhirnya 200 bangunan liar di atas tanah seluas 9.820 meter milik Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta, dibongkar tanpa perlawanan.

Berbeda dengan pembongkaran sepekan lalu, warga bahkan rela membongkar sendiri bangunan yang mereka tempati. Lahan itu rencananya akan dibangun Kantor Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Timur.

Sebelum dilakukan pembongkaran, telah dilayangkan Surat Pemberitahuan sejak 13 April dan Surat Peringatan I pada 18 Mei 2011, kemudian Surat Peringatan II pada 25 Mei 2011, dan Surat Peringatan III pada 5 Januari 2012.

Setelah pembokaran, sebanyak 360 keluarga yang tinggal di kawasan itu mengaku tidak tahu akan tinggal dimana. Meski sebagian mereka dulu membeli tanah itu, tapi tanpa surat sah mereka tidak bisa berbuat apa-apa. Lihat videonya di tautan ini.

"Kami tidak ada surat, tidak ada bukti pembelian tanah. Sementara tinggal di kolong jembatan," kata warga bernama A. Situmorang.

Gandeng IDH.ID, KoinWorks Sediakan Layanan Pay Later bagi UMKM dan Ritel
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jokowi Launches Permanent Housing After Disaster in Central Sulawesi

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) inaugurated several post-disaster tsunami revitalization projects in 2018 during his working visit to Central Sulawesi Province.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024