METRO

Menara Jakarta

Menara Tertinggi Dunia Dibangun di Kemayoran

Menara Jakarta diproyeksikan sebagai menara tertinggi di dunia.

ddd
Rabu, 11 Februari 2009, 08:13 Pipiet Tri Noorastuti, Zaky Al-Yamani
Perbandingan Menara Jakarta dengan menara di dunia lainnya
Perbandingan Menara Jakarta dengan menara di dunia lainnya (Proyek Menara Jakarta)

VIVAnews - Menara Jakarta segera menggeser citra Monumen Nasional sebagai ikon Ibu Kota. Menara setinggi 558 meter itu tengah dibangun di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat. Tingginya mencapai empat kali lipat tinggi Monas.

"Menara ini diproyeksikan menjadi yang tertinggi di dunia," kata Roesdiman Soegiarso, Direktur PT Prasada Japa Pamudja, pengembang Menara Jakarta, saat berbincang dengan VIVAnews awal pekan ini, 11 Februari 2009.

Di dunia arsitek, kata Roesdiman, perlu dibedakan antara tower dan building. Tower adalah menara, yang mana titik tertinggi belum tentu dapat dihuni. Sedangkan building adalah bangunan, yang mana titik tertinggi dapat dihuni, berupa kantor, hotel, atau pertokoan. "Menara Jakarta adalah kombinasi keduanya," ujarnya.

Menara ini akan mengalahkan Canadian National Tower di Toronto, Kanada (553 m), Oriental Pearl Tower di Shanghai, China (460 m), dan Kuala Lumpur Tower di Kuala Lumpur, Malaysia (421 m). Saat ini, menara tertinggi di dunia dipegang CN Tower Kanada. Sedangkan rekor bangunan tertinggi dipegang Burj di Dubai setinggi lebih dari 800 meter.

Menara Jakarta akan dikembangkan secara terpadu sebagai menara telekomunikasi dan penyiaran multi fungsi. Menara ini akan menjadi pusat pusat jaringan telekomunikasi dan multimedia dengan teknologi tinggi.

Sebagai ikon Ibu Kota, menara yang ditargetkan beroperasi tahun 2012 ini juga akan dikembangkan menjadi pusat gaya hidup. Menara ini akan mengintegrasikan aspek teknologi, hiburan, pendidikan pariwisata dan perdagangan.

Rencananya, menara ini akan dilengkapi sejumlah fasilitas seperti anjungan pengunjung, tempat parkir seluas 144 ribu meter persegi, gedung podium 17 lantai, restoran berputar, mal, kafe, taman hiburan, museum sejarah Indonesia, hotel, ruang pameran, dan pusat multimedia.



© VIVA.co.id
BERITA TERKAIT
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com