Cagub dan Cawagub DKI Jalani Tes Kesehatan

Persiapan tes kesehatan capres dan cawapres di RSPAD Gatot Subroto
Sumber :
  • ANTARA/Prasetyo Utomo

VIVAnews - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta mewajibkan tes kesehatan kepada enam pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta. Tes berlangsung di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto hari ini, 9 April 2012.

Sesuai jadwal, pasangan dari jalur independen Faisal Basri-Biem Benyamin mendapat kesempatan pertama untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Kemudian  pasangan Hendardji Soepandji-Achmad Riza Patria, Alex Noerdin-Nono Sampono, Joko Widodo (Jokowi) -Basuki Tjahaya Purnama (Ahok), Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli (Nara), dan Hidayat Nur Wahid-Didik J Rachbini.

Ketua Kelompok Kerja KPU Provinsi DKI Jakarta, Jamaluddin F Hasyim mengatakan, pemeriksaan kesehatan cagub dan cawagub akan dimulai sejak pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.

"Urutannya sesuai saat pasangan mendaftar ke KPU. Ini sesuai usulan jika harus disesuaikan dengan urutan pendaftaran," kata Jamaluddin.

Jadwal pemeriksaan kesehatan ini sudah disampaikan kepada masing-masing pasangan bakal calon. Untuk pemeriksaan tersebut, dibutuhkan waktu kurang lebih hingga 7 jam untuk masing-masing bakal calon.
 
KPU Provinsi DKI Jakarta mengeluarkan biaya minimal Rp120 juta untuk tes kesehatan ini. Jumlah itu baru untuk fasilitas kesehatan saja, belum termasuk honor dokter, rapat persiapan dan sebagainya.

"Dana Rp10 juta per orang itu baru dana pemeriksaan dan sewa tempat sehari saja. Belum termasuk laboratorium, honor dokter dan sebagainya," kata Jamaluddin lagi.

Dia menjelaskan bahwa tim IDI terdiri dari pengarah, pelaksana, pemeriksaan, konsultan, dan pendukung. Dalam tim itu terdapat 12 tim dokter spesialis seperti mata, jantung, bedah, dan penyakit dalam.

Dalam tes tersebut yang diperiksa adalah kemampuan calon apakah sanggup menjalankan tugas baik secara jasmani maupun kejiwaannya. Faktor yang dapat menggugurkan dalam tes kesehatan jika terdeteksi penyakit berat, atau ada organ tubuh yang sudah tidak berfungsi sama sekali.

Ketua tim pemeriksa dari RSPAD Gatot Subroto, Kolonel Hardjanto, menambahkan pemeriksaan dilakukan berdasarkan kaidah hukum yang diatur dalam Undang-undang nomor 32 tahun 2004 dan PP nomor 6 tahun 2005.

"Kami melakukan pemeriksaan juga berdasarkan kaidah hukum, seperti apa yang dimaksud sehat. Karena tugas gubernur dan wakil gubernur DKI cukup berat," katanya.

Tes kesehatan sendiri terdiri dari lima proses pemeriksaan yaitu anamnesis atau analisis riwayat, pemeriksaan psikiatrik, jasmani, pemeriksaan penunjang, dan laboratorium. (ren)

LIVE: Momen Bersejarah Raja Aibon Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak TNI ke Letkol Danu
Catherine Wilson

Terpopuler: Catherine Wilson Malu sampai Atta Halilintar Kirim Doa

Round-up dari kanal Showbiz pada Jumat, 19 April 2024. Salah satunya tentang Catherine Wilson yang merasa malu karena mobil pemberian Idham Masse ditarik leasing.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024