Ditinggal Juri, Jabatan Ketua KPU DKI Kosong

Pemilih masukkan surat suara ke kotak suara dalam simulasi pemilu.
Sumber :
  • Antara/ Jessica Wuysang

VIVAnews - Meski telah terpilih menjadi anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat sejak 27 Maret 2012 lalu, hingga saat ini Juri Ardiantoro masih menjabat sebagai Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta. Pengganti Juri belum ditunjuk.

“Otomatis kursi KPU DKI akan kosong kalau saya sudah dilantik nanti, oleh karena itu memang harus ada penggantinya, tapi belum diputuskan saat ini,” ujar Juri Ardiantoro, di Jakarta, Rabu, 11 April 2012.

Juri berjanji tidak serta merta mengabaikan begitu saja tanggung jawabnya atas Pemilukada yang sedang berlangsung.

“Untuk sementara ada pejabat pelaksana tugas ketua yang menggantikan posisi saya untuk menandatangani surat-surat resmi hingga ada keputusan penggantinya secara resmi,” ujarnya.

Menurut Juri, pemilihan Ketua KPU DKI Jakarta akan diputus dalam rapat pleno internal karena sifat dari ketua KPU DKI Jakarta sendiri adalah komisioner. “Paling tidak ada salah satu dari empat kandidat yang akan menggantikan saya nantinya,” ucap dia.

Empat anggota tersebut antara lain adalah Ketua Pokja Pencalonan Jamaluddin F Hasyim, Ketua Pokja Kampanye Dahliah Umar, Ketua Pokja Pendataan Pemilih Aminullah dan Ketua Pokja Pemungutan dan Pemilihan Suara Sumarno.

Saat dimintai tanggapan, Ketua Pokja Pendataan Pemilih, Aminullah mengatakan sejauh ini memang belum dapat dipastikan kapan pemilihan dimulai. Akan tetapi Aminullah justru memberikan pandangan yang berbeda tentang tata cara pemilihan Ketua KPU DKI pengganti Juri.

"Untuk pengganti Pak Juri nanti akan tergantung oleh KPU Pusat,” kata dia.

Dia menerangkan KPU DKI Jakarta memiliki 10 anggota di mana lima di antaranya terpilih sebagai anggota komisioner KPU DKI Jakarta. Lima anggota cadangan tersebut, dua di antaranya saat ini sudah terpilih sebagai anggota Bawaslu dan tergabung dalam partai politik sebagai salah satu calon legislatif.

“Nah, dari tiga anggota cadangan yang tersisa tersebut masih memiliki kesempatan untuk maju bersama empat anggota komisioner yang ada, tetapi itu tetap tergantung putusan KPU Pusat, apakah mereka akan mengikutsertakan yang tiga anggota cadangan tersebut atau tidak,” ujarnya.

Juri Ardiantoro telah resmi menjadi anggota KPU Pusat terpilih bersama dengan enam anggota lainnya antara lain, Sigit Pamungkas, Ida Budiati, Arief Budiman, Husni Kamil Malik, Ferry Kurnia, dan Hadar Nafis Gumay.

Juri Ardiantoro terpilih pada saat proses Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) DKI Jakarta sedang berlangsung, dan hal ini menuai kritik dari beberapa pihak yang menyatakan terpilihnya tidak etis. (umi)

PAN ke PPP: Akui Dulu Prabowo-Gibran Menang Pilpres Jika Mau Gabung Koalisi
Trail of The Kings Danau Toba 2024.(dok BPODT)

Pelari Indonesia, Malaysia Hingga Amerika Siap Bertarung di Trail of The Kings Danau Toba 2024

event lari trail berstandar internasional, dengan bertajuk 'Trail of The Kings (TOTK) Zero Edition', yang berlangsung di Water Front City, Pangururan, Kabupaten Samosir,

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024