Komisi I Kritik Oknum TNI Terlibat Geng Motor

Mapolrestabes Bandung gelar pasukan hadapi geng motor brutal
Sumber :
  • ANTARA/Agus Bebeng

VIVAnews – Ketua Komisi Pertahanan DPR Mahfudz Siddiq mengatakan, TNI harus mengusut tuntas keterlibatan anggotanya yang diduga terlibat serangkaian aksi brutal geng motor di Jakarta.

“Harus diusut tuntas dan ditegakkan aturan disiplin militer,” kata Mahfudz di Jakarta, Senin 23 April 2012. Menurutnya, TNI dapat menunjukkan kepada masyarakat bahwa lembaganya masih memiliki kredibilitas dengan menetapkan sanksi yang berat terhadap oknum TNI yang terlibat geng motor itu.

Selain itu, TNI dan Kementerian Pertahanan juga dapat menjadikan kasus ini sebagai pintu masuk untuk mengetahui persoalan-persoalan mengenai perilaku menyimpang oknum TNI yang melanggar sumpah dan janji prajurit TNI.

“Hal ini agar profesionalisme TNI dari sisi sumber daya manusia bisa terus dipertahankan dan diperkuat,” kata dia. Mahfudz juga khawatir kasus itu berpotensi menimbulkan konflik baru sehingga ia meminta Polri dan TNI mengkaji penyebab kasus bentrokan antaraparatnya.

“Kasus-kasus yang terjadi dikhawatirkan hanyalah fenomena puncak gunung es di mana tersembunyi potensi konflik yang lebih besar,” kata politisi PKS itu.

Mahfudz mengatakan, ada beberapa hal yang perlu dikaji. Pertama, kesenjangan pada standar kesejahteraan. Kedua, adanya irisan tugas operasional TNI di lapangan. Ketiga, kurangnya profesionalisme dan disiplin sumber daya manusia dalam organisasi TNI.

Sebelumnya, 4 anggota TNI dari satuan Artileri Pertahanan Udara (Arhanud) 6 Tanjung Priok telah ditangkap karena keterlibatan mereka dengan aksi anarkis geng motor. Mereka adalah Serda YP, Serda JP, Praka KM, dan Pratu MK. Keempat anggota Kodam Jaya itu masih diperiksa Polisi Militer dan status mereka saat ini masih terperiksa sejak 18 April 2012.

Thomas Cup dan Uber Cup Kobarkan Semangat Atlet Jelang Olimpiade 2024
Ramalan zodiak

Ramalan Zodiak Kamis 25 April 2024, Libra Lajang Bertemu Seseorang Istimewa

Ramalan zodiak Kamis, 25 April 2024. Aries ingin menjauh dari realitas sejenak. Bagi Libra yang lajang, mungkin ada kesempatan untuk bertemu seseorang yang istimewa.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024