Alasan WN Belanda Bakar Diri di Depan Kedubes

Lokasi aksi pria Belanda, Albert Johannis Cornelis, melakukan aksi bakar diri
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Kepolisian sudah menyerahkan langsung penyelesaian kasus Albert Johannis Cornelis, warga negara Belanda kepada pihak kedutaan besar Belanda yang ada di Jakarta.

Kapolres Metro Jakarta Selatan, Komisaris Besar Imam Sugianto, mengatakan, pihaknya tidak akan melakukan pemeriksaan atau pemanggilan kepada pihak kedutaan terkait peristiwa tersebut.

"Kami tidak boleh memeriksa mereka, karena mereka memiliki kekebalan diplomatik. Hukum kita tidak berlaku untuk mereka, jadi kalau mau tanya soal kasus bakar diri tersebut silakan hubungi juru bicara kedutaan," ujar Imam kepada VIVAnews, Sabtu 5 Mei 2012.

Imam menjelaskan, pihaknya telah meminta keterangan dari pihak sekuriti kedutaan tentang kejadian tersebut. Berdasarkan keterangan saksi, Albert protes kepada kedutaan. Tetapi, protes tentang hal apa, dirinya tidak menjelaskan.

"Yang pasti, polisi mengamankan korban yang sekarang masih dalam perawatan di RSPP," kata Imam.

Seperti diketahui, Juru Bicara Kedubes Belanda, Maarten Boef, mengakui jika Albert merupakan warga negara belanda. "Saya tidak bisa memberikan rincian lebih lanjut mengenai pelaku dan motifnya," kata Maarten Boef kepada VIVAnews, Jumat 4 Mei 2012.

Hingga saat ini, kedubes belum mengetahui secara pasti apa maksud dan tujuan pria yang diketahui bernama Albert Johannis Cornelis melakukan aksi nekat.

Dia mengaku mendapat informasi kejadian itu sekitar pukul 14.00 WIB. "Saya juga tahu dia orang Belanda," ucapnya. (art)

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi
Mahfud MD

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Mahfud MD, buka-bukaan mengenai langkah politik dia selanjutnya, usai pelaksanaan dari Pilpres 2024. Mengingat mantan Menkopolhukam RI tersebut bukan kader partai politik

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024