DKI Belajar Pembatasan Motor Ala Beijing

Rendahnya Kesadaran Keselamatan Pengendara Sepeda Motor
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali melakukan kerjasama sama 'Sister City' dengan kota-kota besar di dunia. Setelah dengan Rotterdam, kali ini Jakarta bekerjasama dengan Pemerintah Kota Beijing, China.

Perjanjian kerjasama ditandatangani langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo dan Wakil Walikota Beijing, Xia Zhangyi di Balai Agung, Balaikota DKI Jakarta, Rabu, 9 Mei 2012.

Isi dari MoU Beijing dengan Jakarta 2012-2013 diantaranya seperti pengiriman delegasi ke Beijing dalam Chinise Leaguage Training bagi para guru SMA di Jakarta dan pegawai di Beijing.

Tapi dalam rencana kerja sama ini, Fauzi Bowo,  tertarik dengan cara pemerintah Beijing mengendalikan jumlah sepeda motor untuk mengatasi kemacetan lalu lintas kota. "Di Beijing ada aturan yang ditegakkan, kalau motor tidak boleh masuk kota. Contoh yang baik dari Beijing itu adalah referensi buat kita," kata Fauzi Bowo.

Menurut Foke, contoh kecil tersebut jika dilihat sepintas memang sederhana, namun membutuhkan pertimbangan lain seperti sosial kesejahteraan.

"Tapi tidak mungkin pengendalian sepeda motor kita lakukan di Jakarta, belum-belum sudah diprotes. Banyak hal lain seperti penataan angkutan umum di Beijing yang bisa jadi referensi bagi kota Jakarta," ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Beijing, Xia Zhangyi mengaku banyak sekali hal yang dipelajari oleh pihaknya. Seperti pembangunan di Jakarta yang begitu pesat dan berkembang.

"Pengurusan tata kota begitu teratur, terutama lingkungan hidup dan keamanan, banyak yang bisa kita pelajari," ujar Xia Zhangyi.

Zhangyi mengatakan, dari semua hal yang dipelajari jajarannya selama di Jakarta, yang paling menarik perhatiannya adalah tata lingkungan dan tata air ibukota.

"Rombongan kami yang datang adalah bidang tata air dan lingkungan hidup. Semalam mereka berdiskusi kemajuan di bidang perairan di Jakarta, sampai tak bisa tidur," katanya.

Dia melanjutkan, hasil diskusi tersebut pasti akan dijadikan sebagai panutan pembangunan di Beijing. Selain itu, Pemerintah kota Beijing juga mengundang Jakarta untuk mempelajari fasilitas pembuangan sampah serta mengadakan pelatihan-pelatihan teknis manajemen sampah.

Kerjasama 'Sister City' antara Jakarta-Beijing telah dijalin sejak tahun 1992. Bidang-bidang kerjasama kedua kota ini yaitu administrasi kota, olahraga, kesehatan umum, perencanaan kota, manajemen pariwisata, industri dam kerajinan skala kecil dan menengah.

Nyamannya Naik Gunung Terbersih di Indonesia
Telapak Kaki Nabi Muhammad

Geger Seorang Ulama Pesohor Kritik Nabi Muhammad

Iran tengah dihebohkan setelah seorang ulama, yang sangat pesohor oleh pemimpin tertinggi Iran, Ali Khamenei, mengeluarkan kritik terhadap Nabi Muhammad, dengan komentar

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024