KPU DKI Tandai 21 Ribu DPT Ganda

Ilustrasi warga mengecek daftar pemilih
Sumber :
  • Antara/ FB Anggoro

VIVAnews - Komisi Pemilihan Umum Provinsi DKI Jakarta telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap sebanyak 6,9 juta pada Pemilukada 2012. Namun KPU mencatat masih ada 21 ribu daftar pemilih ganda.

PDIP: Serangan Iran ke Israel Dikhawatirkan Perburuk Perekonomian Indonesia

"Sebelum pleno itu banyak dan sudah dikoreksi dari DPS ke pleno. Ketika DPT sudah ditetapkan, ada 21 ribu nama yang ditandai," kata Kepala KPU DKI Jakarta, Dahlia Umar di Polda Metro Jaya, Kamis, 21 Juni 2012.

Data tersebut diperoleh atas masukan dari panwas dan tim pasangan calon. Selain terindikasi ganda, ada juga NIK yang sama tetapi dengan orang berbeda. Saat ini, KPU sedang memperbaiki daftar pemilih, sambil tetap menerima masukan. Bila masih banyak ditemukan indikasi ganda akan telusuri lagi.

Terkait dengan laporan tim sukses ke Polda Metro Jaya yang menemukan 400 ribu DPT yang bermasalah, Dahlia mengatakan tidak pernah menemukan data sebanyak itu.

"Kami tidak pernah mendapatkan data 400 ribu itu, sebaiknya para tim sukses lapor ke kami juga untuk mencari persamaan," katanya.

Sebelumnya, lima tim sukses pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta melaporkan dugaan data fikti dalam Daftar Pemilih Tetap Pilkada DKI Jakarta. Pelaporan dilakukan di Sentra Pelayanan Kepolisian Polda Metro Jaya, Senin, 18 Juni 2012 lalu.

Mereka menemukan 400 ribu lebih data yang tidak valid. Dari laporan tersebut, mereka meminta Pemilukada diundur selama satu bulan untuk melakukan verifikasi ulang data yang bermasalah.

Pasal yang dilaporkan yakni Pasal 263 KUHP tentang Pemalsuan Dokumen, dan Pasal 94 UU No 23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan. Nama terlapor adalah Dinas Dukcapil DKI Jakarta selaku pembuat Data Peserta Pemiilih Pemilu Potensial (DP4), dan KPUD DKI Jakarta.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan Sipil DKI Jakarta, Purba Hutapea, tidak telalu mempermasalahkan laporan tersebut. Karena pembuat Data Peserta Pemiilih Pemilu Potensial (DP4) yang dilakukan Dukcapil telah disahkan dalam bentuk DPT secara berjenjang melalui tingkat kelurahan hingga provinsi. Bahkan melalui pleno. Baca lebih lengkap di sini. (umi)

17 Atlet Indonesia Pastikan Tiket ke Olimpiade 2024, Berikut Daftarnya
Chery Omoda 5

Chery Omoda 5 Dikomplain Konsumen

Seorang pengguna mengunggah video, yang mengeluhkan masalah rem pada mobil Chery Omoda 5 miliknya.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024