Pajak Kendaraan di Mal Rp800 M Per Bulan

Pelayanan Samsat Outlet. [Ilustrasi]
Sumber :
  • http://samsat-cikarang.co.cc

VIVAnews - Dinas Pelayanan Pajak DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya membuka gerai Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) di Mal Thamrin City, Jakarta Pusat. Gerai keenam di pusat perbelanjaan ini dibuka hingga malam hari mengikuti jam operasional mal.

Geger Penemuan Fosil Ular Lebihi Ukuran T-rex, Begini Bentuknya

Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Fadjar Panjaitan, berharap dengan adanya tambahan gerai di pusat perbelanjaan dapat memudahkan warga dalam membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan pengesahan STNK.

"Warga bisa mengurus pajak dan surat-surat kendaraan sambil jalan-jalan," kata Fajar. Layanan ini dinilainya berpotensi meningkatkan penerimaan pajak daerah dari sektor PKB.

Kepala Dinas Pelayanan Pajak DKI Jakarta, Iwan Setiawandi, mengatakan, sebelumnya pelayanan serupa juga sudah beroperasi di lima pusat belanja antara lain, Mal Artha Gading, Mal Taman Palem, PGC Cililitan, Blok M Square, dan Mal Gandaria City.

Menurut Iwan, lima gerai di pusat belanja dalam sehari dapat melayani sekitar 1.200 kendaraan. Pajak yang bisa dihasilkan sebulan mencapai sekitar Rp800 miliar.

Kepala Sub Direktorat Registrasi dan Identifikasi Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Latif Usman, menambahkan, dengan dibukanya gerai baru ini diharapkan bisa mengurai keluhan masyarakat. Sebab, wajib pajak bisa datang langsung tanpa harus melalui perantara. "Gerai pelayanan ini juga untuk menghindari adanya praktik percaloan," kata dia.

Dalam waktu dekat juga akan dibuka gerai Samsat di Carrefour Lebak Bulus. Nantinya gerai tersebut akan dibuat dengan sistem drive thru. "Masyarakat tidak perlu turun dari kendaraan dan hanya memakan waktu lima menit," ucapnya. (art)

Jadwal SIM Keliling Jakarta, Bogor, Bekasi, Bandung Kamis 25 April 2024
Ilustrasi kiamat.

Terkuak 5 Kejadian yang Terjadi di Dunia Dikaitkan Ketakutan soal Kiamat

 Kiamat merupakan peristiwa hancurnya kehidupan alam semesta. Kiamat adalah sesuatu yang diyakini dan disepakati oleh ilmu pengetahuan maupun agama. Tak ada satupun tahu

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024