Pembunuh Mayat dalam Kardus Divonis Bebas

Mayat wanita dalam kardus
Sumber :
  • Arnes Ritonga/VIVAnews

VIVAnews - Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara, akhirnya menjatuhkan vonis bebas terhadap Krisbayudi, 27 tahun, terdakwa kedua kasus pembunuhan ibu dan anak yang mayatnya dibungkus dalam kardus dan dibuang di tempat berbeda.

Dalam sidang yang berlangsung selama satu jam, Kamis, 28 Juni 2012, Ketua Majelis Hakim Ahmad Muzaini menjatuhkan vonis 15 tahun penjara kepada tersangka utama, Rahmat Awifi, 26 tahun.

Menurut Jefri Kam SH pengacara Krisbayudi, majelis hakim menilai Berita Acara Pemeriksaan (BAP) yang dibuat kepolisian cacat hukum, sehingga dibatalkan demi hukum.

"Diketahui terjadi kekerasan dalam proses pembuatan BAP, ditambah terdakwa tidak didampingi pengacara saat BAP," ucap Jefri.

Jefri mengungkapkan, pengacara yang ditunjuk penyidik tidak mendampingi saat BAP terhadap tersangka dilakukan. "Polisi jangan hanya memenuhi prosedur ketika ditanya hakim, tapi harus melakukan prosedur secara riil, benar-benar mendampingi BAP," paparnya.

Karena itu, melalui kuasa hukumnya, Krisbayudi berencana menuntut kepolisian, karena kerugian yang diderita kliennya selama 8 bulan mendekam di tahanan Polda Metro Jaya.

"Rehabilitasi nama baik akan dilakukan pihak pengadilan. Namun kerugian dia selama ditahan selama 8 bulan, siapa yang menanggung. Ditambah kekerasan fisik yang terjadi selama proses penyidikan, kita akan menuntut Jatanras Polda Metro Jaya," kata Jefri.

Menurut Suharti, 51 tahun, ibu kandung Krisbayudi, anaknya merupakan tulang punggung keluarga, karena ayahnya, Suherman, hanya bekerja sebagai kuli bangunan yang sejak anaknya ditahan selalu sakit-sakitan.

Pengakuan Krisbayudi kepada orang tuanya membuat beban mental yang luar biasa. Saat penangkapan pertama, Kris dicokok polisi dari pabrik tempatnya bekerja pada Jumat, 21 Oktober 2011. Tersangka dibawa ke Hotel Pondok Nirwana Cawang Jakarta Timur. Di tempat itu, Ia mengakui mendapat intimidasi dan kekerasan agar mengaku perbuatan yang tidak dilakukannya. (umi)

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran, Jangan Lupa Pasang CCTV
Tyas Mirasih.

Sambil Menangis, Tyas Mirasih Ungkap Kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Sambil menangis haru, Tyas Mirasih mengungkap kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina langsung di hadapan Raffi di sebuah acara.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024