Sinyal KRL Bermasalah, Ini Penyebabnya

KRL di Stasiun Bekasi
Sumber :
  • ANTARA

VIVAnews - Sistem persinyalan KRL Jabodetabek memiliki serangkaian persoalan yang kompleks. Sehingga tidak heran jika gangguan persinyalan sering mengakibatkan terhambatnya perjalanan KRL. 

Pengembang Perumahan di Dubai Beri Perbaikan Rumah Gratis Setelah Banjir Bandang

Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Lukman Hakim, mengatakan selain banyaknya sinyal yang berumur tua, prasarana vital ini kerap dicuri atau rusak. Salah satu alat yang sering hilang adalah penangkal petir.

Menurutnya, prasarana perkeretaapian yang terdiri dari jalur, stasiun, dan fasilitas operasi kereta harus mempunyai tingkat keandalan yang tinggi agar kereta dapat beroperasi prima. "Penyelenggara prasarana perkeretaapian wajib merawatnya agar tetap layak operasi," kata Lukman kepada VIVAnews, Kamis 5 Juli 2012.

Peneliti Perkeretaapian Balai Pengembangan Instrumentasi LIPI, Taufik Hidayat, menambahkan untuk menjamin kelaikan prasarana, wajib pula pengujian dan pemeriksaan. Artinya prasarana yang lulus uji pertama diberi sertifikat uji pertama dan yang lulus uji berkala diberikan sertifikat uji berkala.

Dia mengungkapkan saat ini kondisi persinyalan kereta api di Indonesia sekitar 60 persen masih sistem mekanik, dan sisanya eletrik. Taufik menyebut, dari 529 stasiun, sistem persinyalan pada 316 stasiun masih berupa mekanik, dan 213 stasiun berupa sistem elektrik.

Yen Amblas ke Level Terendah dalam 34 Tahun, Menkeu Jepang Bakal Ambil Tindakan

Juru bicara KRL Mania, Agam Fatchurrochman, menilai terjadi saling lempar tangung jawab antara PT Kereta Api dan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan. Sehingga penanganan sistem persinyalan tidak bisa optimal.

Menurut dia, dikeluarkannya Peraturan Presiden yang mengatur pelimpahan kewenangan mengelola prasaran kereta dari Ditjen KA ke PT KA, tidak menyelesaikan masalah. Justru, kata dia, hal itu mengakibatkan PT KA harus menanggung semua masalah. "Dan PT KA pun membebankannya lagi kepada penumpang dalam bentuk kenaikan tiket. Padahal kalau menurut UU ini kewajiban negara," ucap Agam. (sj)

Pernah Anulir Vonis Mati Sambo, Kabar Majunya Suharto jadi Wakil Ketua MA Dikritisi
Nick Kuipers, Persib Bandung vs Persebaya Surabaya

5 Fakta Menarik Persib Bandung Usai Benamkan Persebaya Surabaya di Liga 1

Persib Bandung berhasil meraih tiga poin usai tekuk Persebaya Surabaya dengan skor 3-1 dalam lanjutan Liga 1 di Stadion Si Jalak Harupat pada Sabtu sore, 20 April 2024

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024