SIM Khusus Bagi Penyandang Cacat

Pelayanan SIM keliling
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari nLubis

VIVAnews - Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Daan Mogot memberikan layanan khusus dalam mengeluarkan SIM D bagi penyandang cacat.

Kasus Uang Tutup Mulut Donald Trump Seret Nama Karen McDougal, Siapa Dia?

Layanan khusus ini diberikan dalam bentuk ruang khusus bagi para difabel. Artinya, para pemohon SIM D mendapat layanan sendiri tanpa harus ikut antrean dengan pemohon SIM lainnya.

"Loket khusus ini dibuka hanya untuk pemohon SIM D. Jadi, mereka tidak harus berdesak-desakan dengan pemohon SIM lainnya," ujar Kepala Seksi SIM Daan Mogot Komisaris Polisi Twedi Aditya Bennyahdi, Sabtu 7 Juli 2012.

Meski demikian, Twedi mengaku tidak mengistimewakan masalah prosedur. Karena pemohon difabel memang diharuskan memiliki kemampuan dan emosi yang baik untuk bisa berkendara.

Adapun motor yang digunakan untuk SIM D ini merupakan jenis yang sudah dimodifikasi (roda dua atau lebih), sesuai dengan kebutuhan penyandang cacat.

"Untuk saudara kita yang difabel, kami sudah menyediakan SIM D sebagai lisensi resmi izin berkendara dengan biaya Rp50.000. SIM D digunakan untuk jenis motor yang sudah dimodifikasi untuk pengendara difabel," ucapnya. Saat ujian praktek, para pemohon SIM diperbolehkan untuk menggunakan motor mereka sendiri.

Sedangkan untuk tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) SIM D juga relatif lebih ringan, yakni Rp50.000 untuk baru dan Rp30.000 untuk perpanjangan.

Atas layanan khusus ini, para pemohon pun merasa senang. "Kendati belum pernah ditilang, tapi saya senang punya SIM D. Pembuatan SIM D ternyata tak ribet, enak kok," ujar Faisal, salah satu pemohon SIM D seperti dikutip dari situs TMC Polda Metro Jaya.

Kemungkinan yang Bakal Terjadi Kalau Indonesia tak Dijajah

Penerbitan SIM D ini dikeluarkan berdasarkan Peraturan Pemerintah RI Nomor 50 Tahun 2010 Tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Bukan Pajak.

Anthony Sinisuka Ginting melawan Viktor Axelsen di Thomas Cup

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Thomas Cup dan Uber Cup merupakan salah satu kompetisi bulutangkis bergengsi di dunia dengan menggunakan sistem beregu putra dan putri.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024