Tidak Tercatat Pemilih, Warga Boikot TPS

Gagal Berikan Hak Suara
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Akibat diboikot warga yang tidak terdaftar sebagai pemilih, sebanyak 409 pemilih di TPS 092 Apartemen Gading Nias Residence, Jalan Pegangsaan 2, Kelapa Gading, Jakarta Utara, tidak bisa menggunakan hak pilih mereka, Rabu, 11 Juli 2012.

Kepala KPPS 092, Rachmat mengungkapkan, puluhan warga yang menutup TPS 092 adalah penghuni apartemen tersebut. Akibat aksi boikot ini, warga yang sebelumnya telah berkumpul untuk memberikan hak suara mereka memilih untuk bubar meninggalkan TPS.

"Mereka marah karena tidak tercatat sebagai pemilih. Akibatnya pemilih yang telah terdaftar meninggalkan TPS, membatalkan niat mereka karena ketakutan," terang Rachmat, di TPS 092.

Rachmat telah menjelaskan kepada warga yang protes, bahwa dirinya bersama petugas KPPS hanya sebagai pelaksana. Mengenai daftar pemilih merupakan kewenangan Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta.

"Saya sarankan mereka datangi KPUD, namun kemarahan mereka malah memuncak. Kami tak bisa berbuat apa-apa saat mereka menutup TPS ini," jelasnya.

Jumlah total pemilik di TPS 092 sebanyak 436 orang, namun yang bisa menggunakan hak pilihnya hanya 27 orang. Jumlah pemilih ini memang jauh dari jumlah angka warga yang sebenarnya memiliki hak suara. "Sangat disesalkan, banyak sekali pemilih yang tidak bisa menggunakan hak pilihnya," ungkap Rachmat.

Wika Salim Ungkap Kondisi Terkini Tukul Arwana

Alan Nababan, warga setempat yang ikut berdemo dengan menutup TPS tersebut mengatakan, TPS terpaksa ditutup selama tiga setengah jam, mulai pukul 09.00 Wib pagi sampai 12.30 siang.

Setelah warga berdialog dengan Kapolres Jakarta Utara, Komisaris Besar Muhamad Iqbal, akhirnya mereka membuka kembali TPS tersebut. Tapi, proses pemilihan hanya berlangsung 30 menit sebelum ditutup pada pukul 13.00 WIB.

Dari proses pencoblosan, hanya 27 orang yang menggunakan hak pilih mereka. Hasilnya, ada 25 suara untuk Jokowi, dan dua suara untuk pasangan Hidayat Nur Wahid. Sementara Foke-Nara, Faisal-Biem, Hendardji-Riza, dan Alex-Nono, tidak ada pemilihnya.

Soetta Jadi Bandara Tersibuk di Asia Tenggara
Timnas Indonesia U-23

5 Fakta Menarik Jelang Timnas Indonesia vs Australia di Piala Asia U-23

Timnas Indonesia akan menghadapi Australia dalam lanjutan Piala Asia U-23 Grup A di Stadion Abdullah bin Nasser pada Kamis malam nanti, 18 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024