Hitungan Tim Hidayat, Jokowi Urutan Pertama

HNW saat Lakukan Pencoblosan
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews- Pasangan kandidat Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan Basuki Tjahja Purnama (Jokowi-Ahok) untuk sementara ini menggungguli nama-nama pasangan kandidat lainnya dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2012. Hal itu tercermin dari hasil quick count yang dikeluarkan tiga lembaga konsultan politik.

Tak ingin ketinggalan dengan lembaga survei, Tim Sukses pasangan Hidayat Nur Wahid dan Didik J Rachbini pun melakukan real count di Hidayat-Didik Center, Pejaten, Jakarta Selatan, Rabu 11 Juli 2012. Sejak pemungutan suara ditutup pada pukul 13.00 WIB sampai berita ini diturunkan, sekitar 20-25 persen suara yang sudah berhasil dikumpulkan dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di Jakarta.

"Sekitar 20-25 yang sudah berhasil dikumpulkan timses kita dari TPS-TPS ke real count kita," kata Ketua Timses Hidayat-Didik, Triwisaksana dalam jumpa persnya, Rabu 11 Juli 2012.

Menurut Bang Sani-sapaan Tri-, hasil real count sementara dari 20-25 persen suara yang sudah dikumpulkan tidak jauh berbeda dengan hasil quick count yang dipublikasikan lembaga survei lainnya. Itu artinya, hasil real count Timses Hidayat-Didik itu memunculkan nama Jokowi-Ahok sebagai pasangan yang terunggul sementara dari pasangan kandidat lainnya.

"Hasil penghitungan kita, urutan nama-nama calonnya sama dengan urutan calon dari hasil quick count yang dipublish media, hanya angka perolehan suaranya saja yang berbeda," ucapnya.

Untuk itu, lanjut Bang Sani, pihaknya masih menunggu terus suara-suara dari TPS-TPS lainnya yang belum masuk ke dalam tabulasi real count Timses Hidayat-Didik. "Dari sekian banyak TPS yang tersisa, 75 - 80 persen suara yang belum masuk ke dalam tabulasi real count kita," katanya.

"Tapi kemungkinan akan mulai terlihat pada nanti malam," ujar Bang Sani lagi.

Penyimpangan

Selain melakukan real count, Timses Hidayat-Didik juga menemukan masih adanya beberapa indikasi kecurangan dari penyimpangan yang terjadi di beberapa TPS. Antara lain ditemukanya surat suara yang tidak dibagikan ke TPS, kartu pemilih dan surat undangan yang tidak dibagikan ke pemilih, dan lain-lain.

Tak hanya itu, tambah lebih lanjut Bang Sani, pihaknya juga menemukan beberapa TPS yang jumlah surat suaranya tidak sesuai dengan jumlah data pemilih. Itu ditemukan di TPS-TPS di sekitar Jakarta Pusat.
"Kita masih menghimpun sejumlah temuan-temuan di lapangan yang nanti secara detil akan kita infrmaskan kepada teman-teman pers yang membutuhkannya," kata dia. "Beberapa temuan dari tim advoksi kita itu, akan kita tindaklanjuti," kata dia.

Daftar Harga Motor Vespa per Maret 2024
Calon Anggota Legislatif DPR RI dari Partai Demokrat, Fathi

Caleg Demokrat Fathi Lolos ke Senayan Bareng Melly Goeslaw dari Dapil Jabar I

Partai Demokrat berhasil meraih satu kursi DPR RI dari Daerah Pemilihan Jawa Barat I (Jawa Barat), Kota Bandung dan Cimahi periode 2024-2029. Sebab, partai yang diketuai

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024