Jasa Alex Noerdin Bagi Kemenangan Jokowi

Kampanye Akbar Alex-Nono
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA - Pengamat Komunikasi Politik Universitas Indonesia Effendi Gazali menilai pasangan kandidat Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo-Basuki Tjahja Purnama (Jokowi-Ahok) patut berterima kasih kepada pasangan Alex Noerdin-Nono Sampono yang secara tidak langsung telah mendongkrak popularitas Jokowi-Ahok. 

"Jokowi seharusnya berterima kasih pada Alex-Nono. Karena Jokowi-Ahok secara tidak langsung telah diuntungkan oleh Alex-Nono yang menyerang Foke-Nara terus menerus secara tajam," kata Effendi kepada VIVAnews, Rabu 11 Juli 2012.

Effendi menjelaskan serangan yang dilancarkan Alex-Nono itu telah melucuti basis massa Foke-Nara di Jakarta. "Itu juga secara tak langsung menguntungkan Jokowi-Ahok," ujarnya.

Seperti diketahui, penghitungan suara secara cepat (quick count) menempatkan pasangan Jokowi-Ahok di peringkat pertama hasil Pilkada DKI Jakarta putaran pertama. Sedangkan pasangan Foke-Nara berada di urutan kedua. Pasangan Hidayat-Didik menempati peringkat tiga, Faisal-Biem nomor empat, Alex-Nono kelima, dan Hendardji-Riza di nomor buntut.

Panglima Militer Israel Tegaskan Negaranya akan Membalas Serangan Iran

Bila hasil penghitungan KPU bersesuaian dengan quick count, bakal ada putaran kedua Pilkada DKI. Ini karena tidak ada pasangan calon yang memperoleh suara lebih dari 50 persen.

Berikut hasil quick count dari beberapa lembaga survei:

Saiful Mujani Research and Consulting:

1. Foke-Nara: 33,54 persen
2. Hendardji-Riza: 2,02 persen
3. Jokowi-Ahok: 43,14 persen
4. Hidayat-Didik: 11,24 persen
5. Faisal-Biem: 5,08 persen
6. Alex-Nono: 4,98 persen 

Lingkaran Survei Indonesia (LSI):

1. Foke-Nara: 34,17 persen
2. Hendardji-Riza: 1,82 persen
3. Jokowi-Ahok: 43,04 persen
4. Hidayat-Didik: 11,77 persen
5. Faisal-Biem: 4,83 persen
6. Alex-Nono: 4,37 persen

Analis Perkirakan BI Bakal Intervensi Besar-besaran Imbas Rupiah Ambruk ke Rp 16.128 per Dolar AS
Bunda Corla

Sering Pikirkan Kematian, Bunda Corla Galau Mau Dimakamkan di Jerman Atau Indonesia

Di usia yang sudah tidak muda lagi, Bunda Corla mulai memikirkan soal kematian. Apalagi, wanita 49 tahun itu hidup sendirian di Jerman dan belum ada niatan ke Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024