LSI: Minang Pilih Jokowi, Sunda Pilih Foke

Joko Widodo dan Fauzi Bowo
Sumber :

VIVAnews - Etnisitas berkaitanĀ  dengan kecenderungan pilihan di Pemilihan Kepala Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Fakta ini ditemukan Lembaga Survei Indonesia dalam survei exit poll terhadap pemilih pada Rabu 11 Juli 2012 lalu.

Fakta menarik yang ditemukan adalah, 100 persen responden etnis Cina yang disurvei memilih pasangan Joko Widodo-Basuki Tjahaya Purnama. Masuk akal, karena Basuki merupakan satu-satunya etnis Cina yang ikut dalam pertarungan pilkada ini.

Kemudian, mayoritas orang Jawa yakni 55,9 persen juga memilih Jokowi. Sementara 21,8 persen memilih Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli dan 12 persen memilih Hidayat Nur Wahid-Didik J Rachbini.

Dukungan lumayan diperoleh Foke dari etnis Betawi (48,3 persen) dan etnis Sunda (43,1 persen). Sementara Jokowi didukung 28,1 persen etnis Betawi dan 34,5 persen etnis Sunda.

Fakta menarik lain, orang-orang keturunan Sumatera seperti Batak/ Tapanuli dan Minangkabau justru banyak mendukung Jokowi-Ahok, masing-masing lebih dari 42 persen. Dukungan etnis Minang berikutnya terbesar untuk Fauzi Bowo (23,8 persen) dan Hidayat Nur Wahid (14,3 persen).

Preferensi Agama

Jika berdasarkan agama, mayoritas pemeluk Islam, Kristen dan Katolik memilih Jokowi-Ahok. Ada 39,1 persen orang Islam memilih Jokowi, lebih banyak daripada 35,3 persen yang memilih Foke. Sementara Hidayat Nur Wahid-Didik J Rachbini dipilih 13,2 persen oleh orang Islam, nihil pemilih Kristen dan Katolik.

Kemudian 77,1 persen pemeluk Kristen Protestan memilih Jokowi dan 76,9 pemeluk Katolik memilih Jokowi. Kemudian 17,1 persen Kristen dan 15,4 persen Katolik pilih Foke. Menariknya, ada 7,7 pemeluk Katolik yang memilih Faisal Basri-Biem Benjamin.

Exit poll LSI ini dilakukan di 410 TPS yang dipilih secara random dan proporsional dari seluruh kota di DKI Jakarta. Di tiap TPS terpilih dipilih 2 pemilih pada 11 Juli yang keluar dari TPS sebagai responden. Responden pertama adalah laki-laki atau perempuan yang keluar dari TPS jam 8.00 waktu setempat. Dan responden kedua, perempuan atau laki-laki, dipilih dari yang keluar pada Jam 9.00 waktu setempat. Jumlah responden yang berhasil diwawancarai sebanyak 767 (93.5%), dengan margin of error Ā±3,5% pada tingkat kepercayaan 95%. (umi)

Pengakuan Anak Buah Syafrin Tumpangi Mobil Dishub DKI yang Buang Sampah Sembarangan
LE SSERAFIM

Tampil di Coachella 2024, Vokal LE SSERAFIM Kena Kritik Pedas Netizen

LE SSERAFIM menjadi salah satu group K-Pop yang tampil di panggung Coachella 2024. Tentu saja hal ini menjadi momen membanggakan bagi grup musik yang masih terbilang baru

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024