Korban Bullying Don Bosco Pindah Sekolah

Stop kekerasan bullying
Sumber :
  • bullyingproject.com

VIVAnews - A, 16, korban dugaan kekerasan dan penganiayaan di SMA Seruni Don Bosco, Pondok Indah, Jakarta Selatan, memutuskan pindah sekolah. Kasus kekerasaan yang diduga melibatkan senior sekolah tersebut kini sudah masuk ranah hukum karena A melaporkan kasus ini ke kepolisian.

Pemindahan tersebut dibenarkan oleh Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan SMA Don Bosco, Gerardus Gantur. Menurut dia, orangtua A sudah menyampaikan secara lisan kepada pihak sekolah. "Iya, salah satu korban mengundurkan diri. Dia yang melaporkan kejadian ini ke polisi," kata Gerardus saat dihubungi VIVAnews, Sabtu 28 Juli 2012.

Pihak sekolah, lanjut dia, sebenarnya sudah memberikan perlindungan kepada siswa A agar tetap melanjutkan sekolah di Don Bosco dan akan menindak tegas para pelaku. Tapi, imbuhnya, orangtua tetap punya hak untuk menyekolahkan anaknya di mana. "Kami persilakan saja."
 
Sebelumnya, siswa kelas 1 SMA Don Bosco, A, melaporkan dugaan penganiayaan yang dilakukan 18 orang seniornya ke Polres Metro Jakarta Selatan. A mengaku telah disundut rokok oleh seniornya di bagian leher. Selain itu, beberapa bagian tubuh A pun lebam-lebam.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Jakarta Selatan, Ajun Komisaris Besar Hermawan, membenarkan adanya laporan tersebut. Pihaknya akan memproses jika terbukti melakukan penganiayaan.

"Laporannya tadi malam kasus bullying, di mana ada kegiatan ospek atau MOS oleh seniornya kurang lebih 18 orang. Mereka melakukan bullying kepada tiga juniornya. Dari tiga korban, baru satu yang lapor," ujar Hermawan.

Dalam laporan tersebut, kata Hermawan pelapor juga menyertakan barang bukti berupa visum yang ada bekas sundut rokok di bagian leher korban A.

Yang dilaporkan, lanjut Hermawan yakni 18 orang seniornya. Jika terbukti melakukan bullying, maka mereka bisa dikenakan pasal 170 KUHP. "Sejauh ini baru korban saja yang diperiksa. Kami akan periksa semua yang terlapor dan bahkan pihak sekolah," ujar Hermawan.

Mitsubishi Fuso Resmikan Diler 3S Baru di Morowali
VIVA Militer: Serah terima jabatan Komandan Yonif 305 Tengkorak Kostrad TNI

Akhirnya Letkol Danu Resmi Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI Gantikan Raja Aibon Kogila

Serah terima baru saja dilaksanakan di lapangan Sadelor.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024