Polda Siapkan Dua Check Point Pemudik Motor

Polwan Bagikan Peta Mudik
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Masyarakat diimbau untuk tidak mudikĀ  menggunakan sepeda motor dengan muatan yang berlebih. Guna menekan angka kecelakaan pengguna motor, Polda Metro Jaya akan mempersiapkan dua titik pemeriksaan.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Dwi Sigit Nurmantyas mengatakan, titik pemeriksaan ada di perbatasan ibu kota dengan provinsi. Dua check point itu ada di Cikarang, Bekasi yang berbatasan dengan Karawang, Jawa Barat dan di Balaraja. Sementara di Kabupaten Tangerang, yang berbatasan dengan Serang, Banten. Pemudik dengan sepeda motor yang kelebihan muatan akan ditilang.

"Di titik pemeriksaan kita imbau pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua yang berlebihan muatan untuk menurunkan penumpangnya," katanya kepada VIVAnews.

Bila petugas menemukan pengendara motor yang terdiri dari bapak, ibu, dan dua anaknya, akan distop. Penumpang motor, ibu dan anak-anaknya akan dinaikan bus yang sudah tersedia di perbatasan.

"Biar bapaknya saja yang mengendarai motor, nanti mereka bertemu di terminal di tujuan masing-masing," kata Sigit.

Pihak kepolisian, lanjut Sigit, akan mengutamakan cara-cara persuasif agar pemudik yang kelebihan muatan dapat menggunakan bus-bus yang disediakan pihak kepolisian bekerjasama dengan Bank BRI.

Jika pengendara motor tidak mau menurut dan tetap membawa penumpang yang berlebihan, maka polisi tidak segan-segan untuk memberikan tilang. Pasalnya, pengemudi sepeda motor yang membawa muatan atau penumpang lebih dapat membahayakan keselamatan pengendara dan penumpangnya.

"Ini untuk keselamatan semuanya. Kalau tidak mau juga bisa kita tilang. Tapi kita mengutamakan cara persuasif dulu untuk memindahkan penumpang ke bus yang sudah disediakan," ujar Sigit.

Bus-bus yang disediakan pihak kepolisian di check point mulai ada sejak H-5 hari Raya Idul Fitri. Sebanyak 15 bus disiagakan di dua check point tersebut.

"Pos check point-nya sendiri sudah siap. Bus-busnya baru disiagakan mulai H-5 nanti," katanya. (adi)

SIM Mati Bisa Diperpanjang, Tidak Perlu Bikin Baru
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia

Pernah Dampingi Gibran ke Papua, Bahlil Bantah Tudingan Tak Netral

Bahlil Lahadalia merespons tudingan dalam sidang sengketa Pilpres 2024 di MK. Ia dituding tak netral dengan mendampingi Gibran Rakabuming Raka ke Papua.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024