Jalur Alternatif Pemudik Motor Kalimalang

Arus Mudik Di Pelabuhan Merak Mulai Padat
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Ruas jalur Kalimalang yang membentang dari Jakarta Timur sampai Bekasi merupakan jalur utama pemudik sepeda motor. Puncak mudik kendaraan roda dua ini diperkirakan akan terjadi besok, Kamis 16 Agustus 2012. Untuk mengantisipasi kepadatan tinggi, polisi menyiapkan beberapa jalur alternatif.

"Bila kepadatan terjadi, pemudik bisa melewati Jalan Basuki Rachmat atau melalui Jalan Raya Bekasi, Cakung," kata Kepala bagian Humas Polres Jakarta Timur, Kompol Didik Hariyadi di Jakarta, Rabu 15 Agustus 2012.

Jalan Basuki Rachmat berada di samping Kanal Banjir Timur. Dari situ, pemudik bisa lanjut ke arah Duren Sawit dan kembali masuk ke Kalimalang. "Atau kepada calon Pemudik bisa juga mengambil ruas jalur jalan Raya Bekasi Cakung langsung tembus ke Bekasi," ujar Didik.

Namun bagi para pemudik yang melewati Jalan Raya Bekasi-Cakung diharapkan berhati- hati. Walau ruas jalurnya cukup luas, namun di beberapa titik terdapat lokasi pasar tumpah.

"Di Cakung sendiri ada beberapa lokasi pasar tumpah, meski titik lokasinya berlawanan arah, tentu dikhawatirkan tetap menimbulkan kemacetan," kata Didik.

Kepadatan di ruas jalur jalan Kalimalang ini dikarenakan jumlah kendaraan tidak diimbangi ruas jalan yang tidak terlalu besar. Kepadatan di Kalimalang juga dikarenakan tidak adanya pembatas jalur.

Ruas jalur Kalimalang juga menjadi salah satu ruas jalan yang rawan terjadi kecelakaan, khususnya sepeda motor. "Pada puncak arus mudik di H-3, di Kalimalang akan dipadati oleh ribuan pengendara motor, sangat rawan kecelakaan, karena itu pengemudi harus hati- hati," ujar dia.

Di sepanjang jalur ini, polisi mendirikan 10 posko. Dari 10 titik pos yang dibuat, polisi menempatkan 1.414 anggota dari jajaran Polres Jakarta Timur dan ditambah bantuan pasukan dari Polda dan Mabes Polri. (umi)

Hasbi Hasan Dituntut 13 Tahun Bui, Pengacara: Tak Rasional, Seperti Balas Dendam
Sekjen DPP Partai Golkar, Letjen TNI (Purn.) H. Lodewijk Freidrich Paulus

Sekjen Golkar Tegaskan Munas Tak Bisa Dimajukan Sebelum Desember 2024

Menurut Sekjen Golkar Lodewijk F Paulus, Munas yang dihelat Desember 2024 sudah diatur dalan AD/ART partai.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024