Galian MRT Ambles, Siapa Bertanggung Jawab?

Galian MRT ambles
Sumber :

VIVAnews - Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta Ery  Basworo membantah bahwa yang mengalami amblas adalah jalur utama Jalan Sudirman, melainkan persimpangan antara jalur cepat dengan jalur lambat, atau tepatnya berada di seberang Gedung Sampoerna Strategic sebelah barat arah ke Hotel Indonesia.

Menurut dia, Dinas Pekerjaan Umum telah melakukan antasipasi sementara dengan memberi rambu berupa traffic cone atau kerucut pada jalan ambles tersebut agar para pengendara tidak jatuh terperosok.

Ery menjelaskan, jalan itu terperosok saat PD PAL Jaya tengah melakukan pemindahan utilitas untuk mendukung pembangunan Mass Rapid Transit (MRT). Namun, saat pengurukan kembali struktur tanah kurang padat, sehingga ambles. "Itu tanggung jawab PD PAL," kata Ery Basworo di Jakarta, Selasa 18 September 2012.

Median jalan yang ambles sekitar 2x8 meter dengan kedalaman 50 sentimeter. Ia mengimbau para pengendara untuk berhati-hati saat melintas.

Ery mengharapkan dalam waktu 2x24 jam median jalan yang ambles bisa segera diperbaiki. "Minimal diuruk agar pengendara yang melintas tidak terperosok, tapi sudah diamankan dengan rambu-rambu," ujarnya.

Salah satu karyawan dari PD PAL Jaya, Wawan, mengakui karena kurang padatnya pengurukan maka bekas galian menjadi amblas. Terlebih di kawasan tersebut diguyur hujan, Senin malam.

Pecahkan Rekor Tertinggi, Harga Emas Hari Ini Tembus Rp 1.249.000 Per Gram

"Amblas karena kurang padat dan hujan semalam. Kami sudah letakkan rambu pengaman di lokasi seperti pita kuning semacam police line agar tidak menyebabkan kecelakaan," ungkapnya. (eh)

Ilustrasi: Polisi di lokasi kecelakaan.

Sopir Sedan di Tangsel Jadi Tersangka Usai Tabrak Pemotor dan PKL

Dalam peristiwa kecelakaan pengemudi mobil sedan yang menabrak pemotor dan PKL terdapat satu orang meninggal dunia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024