Hari Pencoblosan, Pelayanan Samsat Tetap Buka

Pelayanan SIM keliling
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari nLubis

VIVAnews - Kantor Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) tetap buka pada hari pencoblosan Pilkada DKI putaran dua, esok. Kepala Bagian Registrasi dan Identifikasi (Regident) Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Latif Usman, mengatakan bahwa Samsat tetap buka dan melayani masyarakat seperti biasanya.

"Tidak ada libur, pelayanan berjalan seperti biasa. Masyarakat yang mau memperpanjang STNK, SIM, bayar pajak kendaraan, dan juga ganti nama atau mutasi BPKB, akan kami layani," ujar Latif, Rabu 19 September 2012.

Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Wahyono, menjelaskan, pelayanan Samsat dibuka dari pukul 08.00 sampai pukul 15.00.

Dijelaskan Wahyono, untuk petugas di bagian pelayanan yang memiliki hak pilih diberi kesempatan lebih dulu untuk mencoblos surat suara pada pagi hari. Setelah memilih, anggota polisi yang pada hari itu bertugas wajib masuk untuk melayani para wajib pajak.

"Jadi dengan cara bergantian sehingga juga tidak mengganggu proses pelayanan kepada masyarakat," kata Wahyono.

Seperti diketahui, berdasarkan surat keputusan Menteri Dalam Negeri nomor 270-614 tahun 2012 dan Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta nomor 108 tahun 2012 tentang penetapan hari pemungutan suara pemilihan umum Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta putaran kedua sebagai hari yang diliburkan di Provinsi DKI Jakarta.

Dalam pengumuman bernomor 604/KPU-Prov-010/IX/2012, disebutkan pemungutan suara dimulaiari pukul 07.00 sampai pukul 13.00. Kemudian instansi pemerintah maupun swasta yang berdomisili di Jakarta wajib meliburkan pegawainya guna memberikan kesempatan untuk memilih.

Kemudian, instansi atau lembaga pemerintah maupun swasta yang berdomisili di DKI Jakarta dan tidak dapat menghentikan aktivitasnya karena berhubungan langsung dengan pelayanan masyarakat dapat mengatur jadwal kerja sehingga pegawai dan karyawannya dapat menggunakan hak pilih. (adi)



Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode
Pemain Timnas Indonesia U-23

Bikin 2 Gol ke Gawang Korsel, Begini Kata Rafael Struick

Penyerang Timnas Indonesia U-23 Rafael Struick menilai kemenangan atas Timnas Korea Selatan U-23 adalah buah kinerja tim.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024