Dana Rp822 Juta, Pelantikan Jokowi Dibuat Menyenangkan

Jokowi Adakan Karnaval Kotak-kotak
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Sekretariat DPRD DKI Jakarta, Mangara Pardede, membenarkan plafon anggaran sekitar Rp822 juta untuk acara pelantikan gubernur terpilih periode 2012-2017. Uang sebanyak itu bisa dihabiskan dalam satu hari saja, karena kebutuhan yang memang besar.

"Kami akan undang sebanyak 2000 orang dalam pelantikan, dan kami menyediakan konsumsinya," ujar Mangara di Jakarta, Rabu 26 September 2012.

Selain konsumsi untuk 2.000 undangan, menurut Mangara, dana Rp822 juta itu juga digunakan untuk membayar konsumsi petugas pengamanan yang jumlahnya sekitar 500 anggota. Selain itu, dana tersebut juga digunakan untuk biaya pembacaan do'a. "Anggaran ini kami siapkan secara wajar, karena pengamanan akan dilakukan mulai dari H-1 hingga H+1, seperti saat penyampaian visi misi calon gubernur. Selama itu kami siapkan konsumsinya," ujar Mangara.

Mangara juga menganggarkan acara pelantikan gubernur terpilih itu nantinya akan penuh kemeriahan. "Suasana akan dibuat sangat menyenangkan bagi semua khalayak. Sehingga perlu ada aneka hiburan yang menggambarkan seni budaya khas Betawi. Seperti tarian ondel-ondel, tari selamat datang, gambang kromong, orkresta," katanya.

Bahkan, tambah Mangara, dua artis papan atas juga akan diundang untuk menghibur para tamu undangan. Namun, dia enggan menyebutkan siapa dua artis yang tersebut. Ia hanya mengatakan pada saat HUT DKI juga ada artis Afgan dan Rossa yang bayarannya mencapai puluhan juta rupiah.

Menurut Mangara, meski plafon dana pelantikan mencapai Rp822 juta, anggaran itu belum tentu dipergunakan seluruhnya. Jika gubernur terpilih meminta agar acara dilakukan dengan sederhana, maka pihaknya akan menurutinya. Sehingga sisa anggaran dikembalikan ke kas daerah. Dia menambahkan, Sekwan memang mengalokasikan dana ini untuk kepentingan pelantikan gubernur yang terpilih dalam Pilkada Jakarta tahun 2012.

Seperti diketahui, dalam APBD DKI 2012, dengan nomor rekening 1.20.002.29.013 tercantum Penunjang kegiatan Pelantikan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Terpilih Tahun 2012 sebesar Rp822.445.000.

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani
VIVA Militer: Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky

Rusia Telah Menangkap Pemodal Teroris Serangan Moskow, Ternyata Dikirim Melalui Ukraina

Dalam penemuan itu, mereka mengklaim bahwa negara Ukraina telah membayar “sejumlah besar dana” kepada para pelaku.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024