Komnas Perempuan: Foto Vulgar Novi Eksploitasi Seksual

Foto model Novi Amalia di Polsek Taman Sari Jakarta
Sumber :
  • Istimewa

VIVAnews - Komisi Nasional Anti Kekerasan Perempuan menyesalkan beredarnya foto Novi Amalia yang hanya mengenakan pakaian dalam--bahkan terlihat bagian intimnya--ketika berada di dalam ruang pemeriksaan Polsek Taman Sari, Jakarta Barat.

Ketua Sub Komisi Partisipasi Masyarakat Komnas Perempuan, Andy Yentriyani, menilai pengambilan dan peredaran foto-foto tak senonoh itu sebagai bentuk eksploitasi seksual terhadap perempuan.

"Itu eksploitasi seksual. Orang tidak sadarkan diri kemudian dieksploitasi secara seksual," ujar Andy kepada VIVAnews, Kamis 18 Oktober 2012.

Dia menambahkan eksploitasi seksual terhadap Novi juga bisa dikategorikan sama seperti perdagangan orang. "Jadi, sebetulnya eksploitasi seksual ini bentuk kejahatan yang sangat berat," ucapnya.

Komnas Perempuan mengapresiasi permintaan maaf kepolisian atas beredarnya foto-foto tersebut. Meski begitu, Andy meminta kepolisian tetap mencari pelaku yang memfoto dan menyebarluaskannya. Siapapun, apakah pelakunya polisi atau bukan, harus ditindak tegas.

"Kalau betul yang memotret polisi, maka yang kita lihat ini bukan hanya eksploitasi seksual, tapi sudah sebuah penyiksaan seksual," Andy menegaskan. "Saya tidak tahu apa yang terjadi di dalam ruang pemeriksaan. Tapi itu kelalaian."

Novi adalah pengendara Honda Jazz yang menabrak tujuh pejalan kaki di kawasan Hayam Wuruk, Jakarta, pada 11 Oktober 2012 lalu. Setelah kejadian, Novi yang hanya mengenakan pakaian dalam langsung dibawa ke kantor polisi.

Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia

Dalam satu foto, terlihat jelas ada dua orang di belakang Novi ketika itu. Salah satunya memakai seragam polisi. Novi sendiri dipotret dalam keadaan kedua tangannya terborgol.

Polda Metro Jaya sendiri sudah memeriksa sejumlah petugas polisi yang terkait setelah peristiwa kecelakaan terjadi. "Sudah dilakukan pemeriksaan oleh Provost dan Propam Polda Metro Jaya soal siapa yang bertanggung jawab. Sementara ini, pemeriksaan dilakukan terhadap tujuh orang, anggota dari Polsek termasuk dua Polwan," kata Kapolres Jakarta Barat Komisaris Besar Pol. Suntana di Polda Metro Jaya, Rabu 17 Oktober 2012. (umi)

Foto : Ketua DPRD Provinsi Jambi Bersama Wakil Beserta Gubernur Jambi

DPRD Jambi Gelar Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Gubernur Jambi 2023

DPRD Jambi melaksanakan rapat paripurna dengan agenda Penyampaian Nota Pengantar LKPJ Gubernur Jambi tahun anggaran 2023

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024