Kecanduan Narkoba, RSKO Butuh 6 Bulan Rawat Novi Amalia

Novi Amalia Pengendara Honda Jazz Maut Diperiksa di Polsek Taman Sari
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Meski kondisinya terus membaik, Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) masih harus melakukan perawatan terhadap Novi Amalia, model yang menabrak lima pengguna jalan dan dua orang polisi di Jalan Hayam Wuruk, Taman Sari, Jakarta Barat.

"Pemeriksaan medis kondisinya secara umum baik, dibanding saat pertama dibawa. Kondisi Novi jauh lebih tenang, sosialisasinya juga lebih baik," kata Laurentius Pangabean kepada VIVAnews, Selasa, 23 Oktober 2012.

Selain mengatasi masalah ketergantungan narkotika, RSKO juga menangani masalah kejiwaan Novi dengan terapi. Setelah selesai melakukan perawatan kejiwaan, baru akan dilakukan penanganan masalah ketergantungan narkoba.

"Setelah kondisi kejiwaannya agak stabil, baru kemudian kami masuk tahap pelepasan akan ketergantungan zat tertentu," katanya.

Mengenai masalah psikologis Novi, Laurentius belum mau menyimpulkan seperti apa. RSKO masih melakukan observasi untuk mendapatkan gambaran utuh tentang fungsi-fungsi pada kejiwaannya.

"Kami lakukan kroscek, dengan melakukan wawancara lisan. Memang agak berat juga, kami belum bisa simpulkan, beberapa pemeriksaan masih berlanjut," katanya.

Laurentius menambahkan, untuk merawat Novi, dibutuhkan  waktu yang tidak sebentar. Hanya untuk perawatan, dibutuhkan waktu satu bulan. "Yang agak lama adalah tahap pelepasan ketergantungan obat- obatan, Tahap kedua ini bisa mencapai waktu empat sampai enam bulan," kata Laurentius.

Sebut MK Bisa Anulir Hasil Pilpres 2024, Guru Besar IPDN Beberkan Alasannya
Test drive Suzuki Jimny 5 pintu

Suzuki Jimny 5 Pintu Mulai Dikirim ke Konsumen

PT Suzuki Indomobil Sales menepati janjinya, untuk menghadirkan Jimny 5-door kepada para pecinta otomotif Indonesia. Sejak diluncurkan pada bulan Februari 2024, SIS telah

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024