FOTO: Pemusnahan Satwa Liar yang Diawetkan

Pemusnahan Satwa Liar
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Kementerian Kehutanan memusnahkan sejumlah barang bukti satwa liar yang telah diawetkan. Pemusnahan barang bukti dilakukan di Plaza Manggala Wanabakti, Jakarta, Senin, 12 November 2012.

Pemusnahan ini dalam rangka mencegah dan menindak tegas pembunuhan atau penjualan satwa liar dilindungi. Barang bukti itu yang dibakar terdiri dari 75 jenis  satwa liar.  Di antaranya, 10 harimau Sumatera, satu anak gajah, lima ekor beruang madu, lima ekor macan tutul dan 28 ekor burung cenderawasih.

Kementerian Kehutanan meminta kepada aparat penegak hukum agar memberikan sanksi tegas dan hukuman seberat-beratnya sesuai dengan perundangan yang berlaku.

Selama ini banyak pelaku yang mendapat hukuman ringan. Padahal hal ini sudah tegas disebutkan dalam UU No 5 Tahun 1990, tentang Konservasi Sumberdaya Alam Hayati dan Ekosistemnya, khususnya terkait pengawetan jenis tumbuhan dan satwa.

Pada Pasal 21 ayat (2) menjelaskan, setiap orang dilarang menangkap, melukai, membunuh, menyimpan, memiliki, memelihara, mengangkut, dan memperniagakan satwa dilindungi dalam keadaan hidup atau mati, dalam bentuk utuh, kulit, tubuh, dan bagian-bagiannya, termasuk barang-barang yang dibuat dari bagian satwa dilindungi, bahkan telur atau sarang.

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga

Sesuai pasal tersebut, pelaku bisa dikenakan hukuman pidana dengan penjara paling lama 5 tahun dan denda paling banyak Rp100 juta. Lihat foto pemusnahan hewan dilindungi yang sudah diawetkan

(eh)

Jumat Agung, Presiden Jokowi Ajak Resapi Makna Pengorbanan Yesus Kristus
Pertemuan Presiden Jokowi CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson. (foto ilustrasi)

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) received a visit from officials of mining company Freeport McMoran at the Merdeka Palace, Jakarta, on Thursday.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024